Pengaruh Spiritual Awakening, Market Opportunity dan Business Capital terhadap Sustainable Competitive Advantage bisnis mikro

Adhari, Iendy Zelviean (2024) Pengaruh Spiritual Awakening, Market Opportunity dan Business Capital terhadap Sustainable Competitive Advantage bisnis mikro. Doktoral thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua masalah utama. Pertama, temuan terdahulu hasil survei yang menunjukkan bahwa banyak bisnis tidak dapat bertahan karena kekurangan modal. Kedua, terdapat celah penelitian dalam aspek daya saing keberlanjutan yang cenderung mengedepankan aspek materil sebagai landasan utamanya, sedangkan aspek non materil kurang diperhitungkan. Tujuan penelitian ini untuk mengkontruksikan konsep daya saing berkelanjutan bisnis yang memiliki durabilitas tinggi namun tidak spekulatif. Sehingga bisnis dapat mencapai stabilitas finansial, meningkatkan reputasi, dan memastikan pertumbuhan yang konsisten di pasar yang kompetitif. Kerangka konseptual yang digunakan meliputi, Grand Theory adalah Al Maqashid Syariah menurut pemikiran Jasser Auda, Middle Theory mennggunakan teori Sustainable Economic Development dari pemikiran Umer Chapra dan Applied Theory mengimplementasikan Business Model Generation dari pemikiran Alexander Osterwalder dan Pigneur. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan Empirical Explanatori dengan menerapkan jenis penelitian kuantitatif dan metode penelitian deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan survey secara langsung dilapangan pada anggota KPMI cabang D.I Yogyakarta dengan total 142 responden dan melakukan observasi selama survey berlangsung, serta dilengkapi dengan analisa dokumen dari percakapan 150 vidio pada channel youtube “Pecah Telur dan Cap Capung” sebagai kontrol data agar lebih reliabel. Alat analisis penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebangkitan spiritual meningkatkan peluang founder untuk memperoleh ataupun mengelola sumber modal bisnis lebih baik sebesar 20,1%. 2) Kebangkitan spiritual memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan daya saing berkelanjutan bisnis sebesar 24,4%. 3) Kebangkitan spiritual yang dimediasi oleh modal bisnis meningkatkan daya saing berkelanjutan sebesar 7,4%. 4) Variabel Orientasi pasar meningkatkan peluang founder untuk mendapatkan sumber modal bisnis baru sebesar 63,5%. 5) Orientasi pasar mempengaruhi daya saing berkelanjutan sebesar 20,3%. 6) Orientasi pasar yang dimediasi oleh modal bisnis memberikan pengaruh sebesar 23,4% pada daya saing berkelanjutan bisnis. 7) Modal bisnis mempengaruhi keberhasilan daya saing berkelanjutan sebesar 36,8%. Penelitiian ini meyimpulkan bahwa semua variabel memiliki pengaruh pada daya saing keberlanjutan bisnis dan penelitian ini juga menawarkan gagasan alternatif yang dinamai "Salam Canvas," dan juga mengkontruksikan level kebangkitan seorang founder bisnis serta mengkontruksikan diagram bawang strategi ketahanan bisnis, keseluruhan tawaran gagasan tersebut sebagai bentuk alat bantu strategi bisnis yang mengedepankan aspek utama dari keahlian individu dalam keterbatasan modal namun tetap konsisten dipasar yang kompetitif.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Spiritual Awakening; Market Opportunity; Business Capital; Sustainable Competitive Advantage
Subjects: Business > Personal Success in Business
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Iendy Zelviean Adhari Adhari
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:27
Last Modified: 26 Jul 2024 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92705

Actions (login required)

View Item View Item