Pemahaman siswa pada makharij al-huruf hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa: Penelitian korelasional pada siswa kelas X mata pelajaran muatan lokal Tahfidz di MAN 1 Bandung

Khotimah, Triani Husnul (2024) Pemahaman siswa pada makharij al-huruf hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa: Penelitian korelasional pada siswa kelas X mata pelajaran muatan lokal Tahfidz di MAN 1 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MAN 1 Bandung diperoleh informasi bahwa makharij al-huruf ini sudah diajarkan kepada siswa kelas X. Namun kenyataannya, sebagian besar siswa masih belum fasih dalam membaca al-Qur’an, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan makhraj huruf ketika membaca al-Qur’an. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara dua sisi, sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa pada materi makharij al-huruf; 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa; 3) Hubungan antara pemahaman siswa pada materi makharij al-huruf dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X Mata Pelajaran Muatan Lokal Tahfidz di MAN 1 Bandung. Berdasarkan teori yang ada, bahwa kemampuan seseorang dapat dipengaruhi beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Pemahaman termasuk ke dalam salah satu faktor internal yaitu faktor psikologis, yang secara langsung mempengaruhi kemampuan membaca seseorang. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diasumsikan bahwa terdapat korelasi antara pemahaman siswa pada materi makharij al-huruf dengan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Realitas pemahaman siswa pada materi makharij al-huruf termasuk ke dalam kategori tinggi dengan perolehan skor rata-rata 79,09 yang berada pada interval 70 – 79. 2) Realitas kemampuan membaca al-Qur’an termasuk pada kategori sangat tinggi dengan perolehan skor rata-rata 83,4 yang berada pada interval 90 – 100. 3) Realitas hubungan pemahaman siswa pada materi makharij al-huruf dengan kemampuan membaca al-Qur’an termasuk ke dalam kategori korelasi sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0,40. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan thitung (3,332) ≥ ttabel (1,672) yang berarti hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian, terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi makharij al-huruf dengan kemampuan membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Makharij Al-Huruf; Kemampuan Membaca Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Triani Husnul Khotimah
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:17
Last Modified: 29 Jul 2024 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92739

Actions (login required)

View Item View Item