Apriliani, Irena Chika (2024) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum terpadu khas Darul Hikam: Studi deskriptif di SMP Darul Hikam Integrated School Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kini hanya sedekar untuk memenuhi aspek ilmu pengetahuan saja namun dalam aspek penerapan nilai-nilai islami masih belum terealisasi dengan baik. Penanaman nilai-nilai Islami dalam kehidupan tidak akan dapat dilakukan oleh guru PAI di sekolah. Oleh karena itu, internalisasi pendidikan Agama Islam harus dilakukan secara Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum terpadu khas Darul Hikam yang ada di SMP Darul Hikam yang terletak di Bandung. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu keadaan mutu pendidikan yang ada di SMP Darul Hikam dengan penerapan kurikulum khas untuk menunjang mutu pendidikan Agama Islam yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini di SMP Darul Hikam Integrated School Bandung. Subjek Pengumpulan data menggunakan literatur, wawancara, dokumentasi, observasi, dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini meliputi keadaan mutu pendidikan agama Islam di SMP Darul Hikam dan penerapan kurikulum khas Darul Hikam di SMP Darul Hikam. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa 1).tujuan pembelajaran PAI berbasis kurikulum terpadu khas Darul Hikam terdapat mengacu keada program TCB (Taqwa Character Building) yang selaras dengan tujuan pendidikan nasional serta RPP/Lesson plan, 2).pembelajaran dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari. 3).Hasil belajar yang didapat sudah sangat baik, dan dapat dikatakan berhasil hampir semua siswa mendapat nilai diatas KKM dari ujian semster yang dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Kurikulum |
Subjects: | Islam Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | irena chika aprilani |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 01:13 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 01:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92755 |
Actions (login required)
View Item |