Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi belajar Poster Session hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada materi prilaku jujur: Penelitian korelasi di kelas X IPS SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung

Maulina, Putri Fitriya (2024) Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi belajar Poster Session hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada materi prilaku jujur: Penelitian korelasi di kelas X IPS SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh keterangan bahwa penggunaan strategi belajar poster session mendapat tanggapan yang cukup positif dari siswa. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme mereka ketika pembelajaran Pendidikan Agama Islam sedang berlangsung, namun disisi lain masih banyak siswa yang nilai kognitifnya menunjukkan penurunan. Hal ini ditunjukan dari rata-rata hasil ulangan mereka, sehingga berdampak pada nilai yang diperoleh siswa kelas X 50% dibawah KKM. Hal tersebut menimbulkan sebuah masalah yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi belajar poster session pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Mekar Arum. 2) hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Mekar Arum. 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi belajar poster session dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Mekar Arum. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa, salah satunya respon mereka terhadap strategi pembelajaran Poster Session. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi poster session maka semakin baik hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan strategi deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, tes tulis, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pendekatan logika untuk data kualilatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh uji normalitas, analisis parsial, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh data 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi poster session termasuk ke dalam kategori positif dengan nilai rata-rata variabel X sebesar 3,46 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI di SMA Mekar Arum termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata variabel Y sebesar 76 yang berada pada interval 70-79. 3) Hubungan antara variabel X dengan variabel Y ditunjukkan dengan skor koefisien korelasi 0,617 yang berada pada interval 0,600 - 0,799 yang termasuk dalam kategori korelasi yang kuat antara kedua variabel. Kemudian, berdasarkan pada uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,478 lebih besar dari ttabel yaitu 1,69 hal ini menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis Ha (hipotesis alternatif) diterima. Besarnya pengaruh variabel X (tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi poster session) terhadap variabel Y (Hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI) sebesar 38% dengan demikian sisanya sebesar 62% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Artinya dengan taraf signifikansi a = 5% terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tanggapan siswa; strategi Poster Session; hasil belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Islam Umum > Majalah Agama Islam, Jurnal Agama Islam, Penerbitan-penerbitan Berkala Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Fitriya Maulina
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:10
Last Modified: 31 Jul 2024 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92812

Actions (login required)

View Item View Item