Penerapan model Reciprocal Teaching untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Qur'ania, Zila (2024) Penerapan model Reciprocal Teaching untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran SKI. Hal ini terjadi karena adanya berbagai fakta di lapangan kurangnya strategi pembelajaran SKI tidak memliki banyak variasi dalam pembelajaran dan kurangnya fasilitas dalam pembelajaran. Meskipun guru telah memberikan pembelajaran yang menarik dan bervariasi namun hasil belajar kognitif siswa tetap tidak berubah. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yangmenumbuhkan siswa aktif dan kreatif diantaranya yaitu model pembelajaran reciprocal teaching. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan model reciprocal teaching pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyyah Kota Bandung. 2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan konvensional. 3) Faktor pendukung dan penghambat pada penerapan model pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini didasarkan pada keyakinan bahwa pencapaian belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran SKI dapat ditingkatkan melalui berbagai penerapan model reciprocal teaching. berbagai model pembelajaran, diantaranya penerapan model pembelajaran reciprocal teaching. Model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah model pembelajaran dimana siswa didorong untuk belajar secara mandiri dan tidak terlalu bergantung pada penjelasan dari guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi experimen. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji N-Gain. Hasil penilitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching berjalan dengan baik dalam bidang pendidikan, khususnya dalam usaha meningkatkan mutu proses belajar mengajar dan pencapaian prestasi siswa. 2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran SKImenunjukkan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar kognitif siswa akibat penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Hal ini mengindikasikanbahwa Ha diterima dan H0 ditolak. 3) Faktor pendukung model ini adalah siswa yang memahami materi dengan baik dan lebih aktif dalam pembelajaran, adanya dukungan dari pihak sekolah dalam proses penerapan pembelajaran reciprocal teaching, materi pembelajaran yang tepat dan berkualitas juga dapat membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam serta meningkatkan minat merekadalam belajar. faktor penghambat dari penerapan model Reciprocal Teaching. Sarana dan prasarana di sekolah yang kurang memadai, keterbatasan waktu dalampelaksanaan pembelajaran di kelas yang mengakibatkan pembelajaran sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Education, Research
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: zilaqur'ania Ridwan
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:39
Last Modified: 02 Aug 2024 06:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92845

Actions (login required)

View Item View Item