Renaldiano, Irvan (2024) Digitalisasi dalam meningkatkan tata kelola pelayanan kependudukan berbasis elektronik di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover Judul.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Absrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
Abstract
Digitalisasi adalah proses mengubah informasi atau proses manual menjadi bentuk digital. Digitalisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan tata kelola pelayanan kependudukan. Fenomena yang di kaji olehh peneliti dalam penelitian ini di latar belarbelakangi dengan ada problematika dalam pengelolaan tata kelola pelayanan kependudukan di kantor kecamatan Cibiru Kota Bandung, Seperti kurannya anggaran finansial yang diberikan ataupun kurangnya tingkat literasi digital di masyarakat serta sosialisasi masih beleum merata di senjuru daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang mempengaruhi dalam proses pengelolaan tata kelola pelayanan kependudukan berbasis digital, serta mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam proses tersebut, penelitian ini juga akan menyajikan hasil verifikasi dari peutusan, reduksi data, dan penyajian data yang merupakan jawaban atas masalah yang di angkat dalam penelitian. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengelola dan menganalisis Data. Serta mendeskripsikan kejadian, kegiatan atau aktivitas pada waktu penelitian berlangsung. Dengan menguraikan, menggambarkan, mencatat, menganalisis, menginteprestasikan kejadian-kejadian dan fakta-fakta yang ditemukan menjadi hasil penelitian. Dalam mengkaji penelitian ini diperoleh melalui Teori E-Government menurut Eko Indrajit yang meliputi empat Dimensi (1) Manfaat (2) Efesiensi (3) Partisipasi (4) Manajamen Perubahan. Adapun hasil penelitian menyimpulka bahwa Pelayanan Kependudukan bebasis Digital di kantor Kecamatan Cibiru masih ada beberapa permasalahan seperti kurangnya tingakat literasi digital di masyarakat. Kendala atau hambatan apa pun yang diketahui oleh pemerintah Kecamatan Cibiru berkaitan dengan pengelolaan pelayanan kependudukan yang berdampak negatif pada pelayanan yang kurang optimal. Namun Kecamatan Cibiru cukup memperhatikan setiap kendala atau kendala yang terjadi dan sudah menemukan solusi untuk mengatasinya. Dalam upaya memberian pelayanan yang baik kepada Masyarakat, kecamatan cibiru meluncurkan program-program pelayanan elektrok khusunya dalam pengelolan pelayanan kependudukan, Dimana salah satunyah adalah adanya WATERBLUE dan SIPAKU serta KTP digital, diharap dengan adanya program tersebut bisa membantu dalam proses tata kelelola pelayanan kependudukan yang lebih cepat, mudah, dan efesien.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digitalisasi; Tata Kelola Pelayanan; Kependudukan |
Subjects: | Systems Operations, Archieves, Information Centers Administration of Economy Administration of Economy > Administration of Industries Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Irvan Renaldiano |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:07 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92852 |
Actions (login required)
View Item |