Tanggapan siswa terhadap penggunaan E-LKPD Liveworksheet hubungannya dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 01 Cileunyi Bandung

Marfu'ah, Lilis (2024) Tanggapan siswa terhadap penggunaan E-LKPD Liveworksheet hubungannya dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 01 Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari guru PAI bahwa penggunaan E-LKPD Liveworksheet mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa dapat terlihat dari antusias siswa dalam proses pembelajaran, namun pada pelaksanaannya masih ditemui siswa yang kurang fokus saat belajar, kurang memerhatikan guru saat guru menjelaskan, dan mengobrol dengan teman. Hal tersebut menarik perhatian peneliti untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara penggunaan E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet dengan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan E-LKPD Liveworksheet, 2) Minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI, 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan E-LKPD Liveworksheet dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI di SMPN 01 Cileunyi. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan E-LKPD Liveworksheet dapat memengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan antara Tanggapan siswa terhadap penggunaan E-LKPD Liveworksheet dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis persial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan E-LKPD termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata variabel X sebesar 3,85 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 01 Cileunyi termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata variabel Y sebesar 3,96 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) Hubungan antara variabel X dengan variabel Y ditunjukkan dengan skor koefisien korelasi 0,45 yang berada pada interval 0,40 – 0,59 yang termasuk dalam kategori korelasi yang cukup antara kedua variabel. Berdasarkan pada uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,93 lebih besar dari ttabel yaitu 1,69 hal ini menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis Ha (hipotesis alternatif) diterima. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 21% dengan demikian sisanya sebesar 79% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Artinya dengan taraf signifikansi α = 5% terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD Liveworksheet; Minat Belajar; Tanggapan
Subjects: Knowledge
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilis Marfu'ah
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:07
Last Modified: 31 Jul 2024 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92885

Actions (login required)

View Item View Item