Gaya kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan mutu lembaga dakwah: Studi kasus ketua pimpinan wilayah muslimat Nahdhatul Ulama Jawa Barat

Jamilah, Fitria (2024) Gaya kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan mutu lembaga dakwah: Studi kasus ketua pimpinan wilayah muslimat Nahdhatul Ulama Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Lembaga dakwah merupakan sebuah organisasi atau institusi non-pemerintahan yang berperan sebagai wadah melaksanakan berbagai kegiatan dakwah seperti pembinaan keagaman, pendidikan dan pengajaran, sosial kemanusiaan, pemberdayaan ekonomi, dan lain sebagainya. Muslimat NU Jawa Barat merupakan salah satu organisasi sosial-keagamaan yang terdiri dari kaum perempuan dan sangat berpengaruh di masyarakat yang berupaya memberikan manfaat kepada pengurus maupun masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan mutu lembaga dakwah dengan studi kasus Ella M. Girikomala di Muslimat Nahdhatul Ulama Jawa Barat sebagai Ketua Muslimat Nahdhatul Ulama Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Peter G. Northouse (2013) tentang kepemimpinan transormasional yang menekankan pada proses pemimpin mampu menginspirasi, memahami dan beradaptasi dengan kebutuhan pengikut. Kemudian teori Eagly & Johnson (1990) dengan Meta-analysis mengenai gaya kepemimpinan perempuan dalam yang meliputi demokratis partisipatif, kolaboratif, hubungan interpersonal, dan empati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi secara langsung ke tempat penelitian, wawancara secara langsung dengan informan terkait, dokumen-dokumen pendukung, dan mengambil dokumentasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan mutu lembaga dakwah di Muslimat Nahdhatul Ulama Jawa Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual seseorang, pengalaman organisasi, dan kepercayaan diri sebagai pemimpin, akan lebih mudah bagi seseorang untuk membangun iklim perkembangan mutu organisasi. Atas kesimpulan besar tersebut, penulis menjabarkan: 1) Gaya kepemimpinan Ella M. Girikomala di Muslimat NU Jawa Barat adalah kepemimpinan yang transformatif, karena memerhatikan aspek tugas dan aspek hubungan serta memberikan motivasi untuk membangun organisasi pada arah yang positif, sehingga pemimpin menjadi inspirator bagi anggotanya. 2) Mutu lembaga dakwah Muslimat NU Jawa Barat berupa peningkatan SDM yang kompeten melalui pendidikan dan latihan, pengembangan sarana prasarana internal maupun eksternal organisasi, mutu pelayanan masyarakat, dan penguatan jaringan dengan berbagai organisasi/lembaga lainnya. 3) Dampak gaya kepemimpinan perempuan di Muslimat NU adalah adanya penataan organisasi, penataan program-program yang dirancang sesuai kebutuhan masyarakat, dan memerankan pengurus sesuai bidangnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Perempuan; Mutu Lembaga Dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Social Process > Leadership
Culture and Institutions > Religious Institution
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Fitria Jamilah
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:38
Last Modified: 05 Aug 2024 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93040

Actions (login required)

View Item View Item