Pengaruh permainan pancing huruf terhadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini: Kuasi eksperimen pada Kelompok A RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung

Fuadah, Kholilah Fatihatul (2023) Pengaruh permainan pancing huruf terhadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini: Kuasi eksperimen pada Kelompok A RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Datarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal di Kelompok A RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung dimana kemampuan mengenal huruf abjad anak masih belum optimal. Sebagian besar anak Kelompok A belum bisa mengenal huruf, belum bisa mengenal bunyi huruf dengan baik dan perhatian anak yang mudah teralihkan. Penyebabnya selama ini pembelajaran lebih fokus pada lembar kerja anak. Oleh karena itu permainan pancing huruf diharapkan mampu memberikan pengaruh yang baik terhadap kemampuan megenal huruf abjad anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini di Kelompok A RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung dengan menggunakan permainan pancing huruf; (2) Kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini di Kelompok A RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung dengan menggunakan media busy book; dan (3) Pengaruh permainan pancing huruf terhadap kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini di Kelompok A RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Kemampuan mengenal huruf adalah suatu kesanggupan dalam mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri dari tata tulis dalam tanda aksara yaitu huruf abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Kegiatan pengenalan huruf kepada anak usia dini dapat dilakukan melalui permainan yang lebih efektif karena dunia anak adalah dunia bermain. Kegiatan yang dapat digunakan untuk menstimulus kemampuan mengenal huruf adalah memancing huruf. Pancing huruf adalah media untuk kegiatan belajar yang menarik dan menyenangkan untuk anak, pancing huruf dapat digunakan untuk alat bantu dalam proses belajar mengajar anak di RA. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak di Kelompok A RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung yang berjumlah 24 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf abjad menggunakan permainan pancing huruf pada kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 94, angka tersebut berada pada interval 80-100. Sedangkan kemampuan mengenal huruf abjad menggunakan media bussy book berada pada kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 79, angka tersebut berada pada interval 70-79. Hasil uji hipotesis dengan t-test menghasilkan nilai thitung sebesar 6,26 dan ttabel pada taraf 5% = 2,17. Maka, thitung > ttabel ( 6,26 > 2,17) sehingga diinterprestasikan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan mengenal huruf abjad anak usia dini antara menggunakan permainan pancing huruf dengan media bussy book.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Permainan pancing huruf; Mengenal huruf abjad; Anak Usia Dini
Subjects: Elementary Education
Indoor Game and Amusements
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Kholilah Fatihatul fuadah
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:44
Last Modified: 06 Aug 2024 05:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93089

Actions (login required)

View Item View Item