Penerapan model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply) untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan disposisi produktif matematis siswa

Khoiriah, Ai Jainab (2024) Penerapan model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply) untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan disposisi produktif matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan metakognitif serta disposisi produktif matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah negeri di Cianjur. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply). Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Cidaun pada dua kelas, menggunakan metode kuasi eksperimen. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (a) model FERA dapat terlaksana dengan kategori sangat baik (b) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognitif siswa antara kelas yang menerapkan model FERA dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan kemampuan metakognitif siswa antara kelas yang menerapkan model FERA dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM siswa (d) umumnya siswa memberi respon positif terkait disposisi produktif matematis siswa di kelas yang menerapkan model FERA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Focus Explore Reflect and Apply; Kemampuan metakognitif; Disposisi Produktif Matematis
Subjects: Education
Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ai Jainab Khoiriah
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:50
Last Modified: 05 Aug 2024 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93117

Actions (login required)

View Item View Item