Pengelolaan digital Public Relations pada media sosial Instagram @siliwangiholiday dalam upaya membagikan konten aktivitas travel agent Siliwangi Holiday: Studi deskriptif kualitatif pada media kreatif travel agent Siliwangi Holiday

Al-Afghani, Ahmad Faizal (2024) Pengelolaan digital Public Relations pada media sosial Instagram @siliwangiholiday dalam upaya membagikan konten aktivitas travel agent Siliwangi Holiday: Studi deskriptif kualitatif pada media kreatif travel agent Siliwangi Holiday. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Digital public relations tentu saat ini sangat erat kaitannya dengan pekerjaan para praktisi humas. Berkembangnya dunia digital memudahkan para instansi dalam menyebarkan informasi, salah satunya melalui Instagram. Siliwangi Holiday turut berpartisipasi dalam pengelolaan digital public relations melalui sosial media Instagram @siliwangiholiday. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan digital public relations pada media sosial Instagram @siliwangiholiday melalui konsep The Circular Model Of Some yang digagas oleh Regina Luttrell yang terdiri dari membagikan (share), optimalisasi (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui melalui teknik observasi partisipasi pasif, serta wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan digital public relations pada media sosial instagram @siliwangiholiday yang dilakukan oleh Perusahaan Siliwangi Holiday memiliki empat tahapan yaitu: pertama, Membagikan (Share) yaitu langkah siholl team ikut berpartisipasi menggunakan media sosial untuk bisa terhubung dengan masyarakat guna membangun kepercayaan publik, kedua Optimalisasi (Optimize) yaitu upaya silholl team memaksimalkan penyampaian informasi dengan membuat produksi konten yang berkualitas secara visual serta pembentukan suatu karakter, ketiga Mengelola (Manage) yaitu siholl team melakukan media monitoring serta memperhatikan interaksi mereka dengan publik, keempat Melibatkan (Engage) yaitu upaya siholl team melibatkan publiknya sebagai bagian dari perencanaan komunikasi melalui media sosial Instagram @siliwangiholiday. Berdasarkan hasil penelitian, Perusahaan siliwangi holiday telah efektif melakukan pengelolaan digital public relations pada media sosial Instagram @siliwangiholiday dan bisa menjadi referensi bagi pembaca dan penelitian selanjutnya dalam menerapkan pengelolaan digital public relations pada media sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital public relations; Instagram; Pengelolaan; Media Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ahmad Faizal Al-Afghani
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:36
Last Modified: 07 Aug 2024 06:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93253

Actions (login required)

View Item View Item