Pengaruh penggunaan media Counting Caterpillar terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini: Penelitian kuasi eksperimen di kelompok A Kober Miftahussa'adah Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang.

Fatrurani, Nurinda (2024) Pengaruh penggunaan media Counting Caterpillar terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini: Penelitian kuasi eksperimen di kelompok A Kober Miftahussa'adah Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan seperti mengenal lambang bilangan sebatas hafalan, anak masih keliru dalam menyebutkan dan mengurutkan lambang bilangan, dan anak masih keliru dalam menghubungkan lambang bilangan pada bentuk yang konkret. Oleh karena itu, peneliti memilih untuk menggunakan media counting caterpillar untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini. Charner (2012) menyatakan bahwa media counting caterpillar adalah media pendidikan yang berbentuk replika binatang ulat bulu dengan tubuh berbentuk lingkaran, yang dapat melatih keterampilan anak dalam mengurutkan, mengenali, dan menyusun angka. Dalam konteks pengembangan kognitif, counting caterpillar dapat digunakan untuk mengajarkan konsep bilangan kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Hal ini karena pentingnya pengembangan pemahaman konsep bilangan sebagai bagian dari kemampuan kognitif anak. Piaget (2002) mengemukakan bahwa tahapan perkembangan kognitif anak dimulai dari konkret, semi konkret, semi abstrak dan abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini sebelum penggunaan media counting caterpillar di kelompok A Kober Miftahussa’adah Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang; (2) kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini sesudah penggunaan media counting caterpillar di kelompok A Kober Miftahussa’adah Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang; 3) pengaruh media counting caterpillar terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini di kelompok A Kober Miftahussa’adah Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek pada penelitian ini berjumlah 14 anak di kelompok A Kober Miftahussa’adah Cijambe Subang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini menggunakan media counting caterpillar pada kelompok A memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58 yang diinterpretasikan pada kategori kurang dan memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 72 yang diinterpretasikan pada kategori baik. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 10,87 > 1,77 pada taraf signifikansi 5% maka hipótesis H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh media counting caterpillar terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak usia dini di kelompok A Kober Miftahussa’adah Cijambe Subang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Counting Caterpillar; Kemampuan Kognitif; Konsep Bilangan; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nurinda Fatrurani
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:52
Last Modified: 08 Aug 2024 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93307

Actions (login required)

View Item View Item