Jannah, Azmi Miftahul (2024) Pengaruh metode Drill melalui pendekatan kaizen dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X MIPA 1 dan 2 di SMA karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
Abstract
Di SMA Karya Budi Cileunyi terdapat metode unggulan yang biasa digunakan yaitu metode diskusi dengan metode tersebut sudah dilaksanakan bertahun-tahun di setiap pembelajaran dan hasilnya maksimal, peneliti ingin memberikan sebuah pengayaan terhadap metode lain selain metode diskusi di sekolah tersebut tentunya metode yang setaraf dan sebanding dengan metode diskusi diantaranya adalah metode drill yang berarti melakukan hal yang sama berulang kali untuk memperkuat hubungan atau meningkatkan keterampilan seperti memberikan stimulus atau motivasi kepada peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini dimaksud: 1) untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran dengan metode drill (latihan) melalui pendekatan kaizen untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI. 2) untuk mengetahui pengaruh metode drill (latihan) melalui pendekatan kaizen untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 2. Penenlitian ini di dasarkan pada dasar teori yang menjelaskan bahwa metode drill ini menekankan penggunaan repetisi atau pengulangan secara terstuktur dalam menyampaikan informasi atau keterampilan kepada siswa. Dalam konteks PAI, pengulangan materi atau latihan soal-soal dengan variasi yang diberikan kepada siswa secara berulang-ulang dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep agama, serta memperkuat motivasi belajar dengan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi materi yang dipelajari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 1 dan 2 SMA Karya Budi Cileunyi sebanyak 66 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen 33 siswa dan kelas kontrol 33 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji statistik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) perencaan pembelajaran metode drill dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah dan direalisasikan dalam kegiatan inti pembelajaran. Dengan rata-rata pada kelas kontrol 82,42 dan kelas eskperimen 84,39. 2) pengaruh metode drill melalui pendekatan kaizen dilihat dari hasil uji beda rata-rata skor pretest dan posttest kedua kelas menunjukkan hal yang demikian. setelah kelas eksperimen mendapatkan treatment, hasil belajar keduanya tersebut tidak jauh berbeda dan pada kemampuan dasar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen juga tidak jauh berbeda.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode drill; Pendekatan Kaizen; Motivasi Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azmi Miftahul Jannah |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:10 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93348 |
Actions (login required)
View Item |