Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap kreatif matematis siswa : Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Misbah

Listiani, Novia (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap kreatif matematis siswa : Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Misbah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover (16).pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kreatif matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan kreatif matematis adalah dengan menerapkan SPPKB. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan kreatif matematis siswa antara yang menggunakan SPPKB berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara yang menggunakan SPPKB dengan pembelajaran konvensional. (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara yang menggunakan SPPKB dengan pembelajaran konvensinal berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (c) Siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan SPPKB. Adapun materi dalam penelitian ini adalah system persamaan linear dua variable (SPLDV) yang akan digunakan untuk pretest dan posttest dimana soal tes telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SPPKB; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Novia Listiani Novia Listiani
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:15
Last Modified: 12 Aug 2024 07:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93465

Actions (login required)

View Item View Item