Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap peningkatan kemampuan metakognisi pada materi klasifikasi mahkluk hidup

Ridwan, Ainalfidhdhah (2024) Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap peningkatan kemampuan metakognisi pada materi klasifikasi mahkluk hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan memahami materi klasifikasi makhluk hidup yang berdampak pada rendahnya kemampuan metakognisi siswa. Tujuan penelitian ini untuk menginvestigasi pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap peningkatan kemampuan metakognisi pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode dalam penelitian ini digunakan quasi experimental dengan jenis desain non- equivalent control group menerapkan dua kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 dengan subjek penelitian sebanyak 73 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian kemampuan metakognisi berjumlah 15 soal. Data hasil belajar berupa nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen yang menggunakan Jelajah alam sekitar (JAS)yaitu pretest 47 dan postest 76, sedangkan nilai pretest dan postest kelas kontrol yang tanpa menggunakan Jelajah alam sekitar (JAS)yaitu 45 dan postest 60. Kemampuan metakognisi siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 0.53 dan kelas kontrol 0,33. Uji hipotesis diperoleh hasil uji Independent Samples Test yang tersaji dalam tabel 4.9 menunjukkan hasil nilai Asymp.Sig (2-talled) sebesar 0.114 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, maka dapat disimpulkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan metakognisi pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan metakognisi; klasifikasi makhluk hidup; Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS)
Subjects: Biology > Biologist
Natural History of Organism > Classification of Organism
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ainalfidhdhah Ridwan
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:05
Last Modified: 13 Aug 2024 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93478

Actions (login required)

View Item View Item