Iqbal, Muhammad (2024) Pengaruh penerapan strategi Active Knowledge Sharing melalui metode kisah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRACT)
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang cenderung malas, mengantuk, dan pasif selama proses pembelajaran, yakni aktivitas belajarnya yang kurang sehingga berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang kurang optimal. Keadaan tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, di antaranya adalah karena penggunaan strategi dan metode yang kurang beragam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Aktivitas Belajar Siswa Sebelum Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 3) Peningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Setelah Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan melalui berbagai penerapan komponen pembelajaran. Antara lain adalah dengan penggunaan strategi active knowledge sharing melalui metode kisah. Menurut Silberman bahwa strategi ini dapat menjadikan siswa aktif berbagi pengetahuan selama pembelajaran. Menurut Jerome Bruner bahwa metode kisah yang dapat menggugah rasa ingin tahu siswa dengan cara mendengarkan kisah-kisah yang diberikan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah; uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, paired sample t-test, uji homogenitas, independent sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan strategi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah sangat baik sekali, dilihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer terhadap sintaks yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung. 2) Aktivitas belajar sebelum dan sesudah menggunakan startegi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah adalah 44,24 dan 51,29. 3) Peningkatan aktivitas belajar setelah menggunakan startegi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah adalah sebesar 0,42 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di Kelas X MA Al-Azhar Kec. Majalaya, Kab. Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Knowledge Sharing; Metode Kisah; Aktivitas Belajara; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Iqbal |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:17 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93499 |
Actions (login required)
View Item |