Pengaruh penerapan strategi Active Knowledge Sharing melalui metode kisah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Iqbal, Muhammad (2024) Pengaruh penerapan strategi Active Knowledge Sharing melalui metode kisah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang cenderung malas, mengantuk, dan pasif selama proses pembelajaran, yakni aktivitas belajarnya yang kurang sehingga berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang kurang optimal. Keadaan tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, di antaranya adalah karena penggunaan strategi dan metode yang kurang beragam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Aktivitas Belajar Siswa Sebelum Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 3) Peningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Setelah Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan melalui berbagai penerapan komponen pembelajaran. Antara lain adalah dengan penggunaan strategi active knowledge sharing melalui metode kisah. Menurut Silberman bahwa strategi ini dapat menjadikan siswa aktif berbagi pengetahuan selama pembelajaran. Menurut Jerome Bruner bahwa metode kisah yang dapat menggugah rasa ingin tahu siswa dengan cara mendengarkan kisah-kisah yang diberikan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah; uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, paired sample t-test, uji homogenitas, independent sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan strategi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah sangat baik sekali, dilihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer terhadap sintaks yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung. 2) Aktivitas belajar sebelum dan sesudah menggunakan startegi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah adalah 44,24 dan 51,29. 3) Peningkatan aktivitas belajar setelah menggunakan startegi Active Knowledge Sharing melalui Metode Kisah adalah sebesar 0,42 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di Kelas X MA Al-Azhar Kec. Majalaya, Kab. Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Knowledge Sharing; Metode Kisah; Aktivitas Belajara; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Iqbal
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:17
Last Modified: 13 Aug 2024 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93499

Actions (login required)

View Item View Item