Pemanfaatan media sosial sebagai upaya pembentukan citra lembaga: Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @taulebih.id

Fairuziah, Intan (2024) Pemanfaatan media sosial sebagai upaya pembentukan citra lembaga: Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @taulebih.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Taulebih merupakan platform digital yang bertujuan dalam mengedukasi pendidikan gender dan seksualitas berdasarkan ajaran islam. Taulebih mengemas konten informatif secara unik dan kreatif, sehingga mampu menarik perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan media sosial Instagram Taulebih dalam upaya membentuk citra lembaga, melalui empat aspek pembahasan yaitu tahapan pembentukan pesan, tahapan komunikasi dengan audiens, tahapan kerja sama dengan pihak eksternal, dan tahapan membangun dan menjaga hubungan dengan audiens. Konsep 4C (Context, Communication, Collaboration, dan Connections) yang dikemukakan oleh Chris Heuer, digunakan dalam penelitian ini. Konsep tersebut digunakan karena terdapat relevansi dalam pengelolaan media sosial yang dilaksanakan Taulebih. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivime dan metode penelitian kualitatif. Peneliti memperoleh hasil penelitian melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat tahapan Aspek yang dilakukan Taulebih dalam memanfaatkan Instagram, untuk meningkatkan citra lembaga. Pertama, membuat pesan dan konten. Pembentukan pesan dibuat melalui tahapan brainstorming ide, menentukan jenis konten, mendesain konten, dan melakukan quality control. Kedua, yaitu berkomunikasi dengan audiens. komunikasi dengan audiens dibangun melalui tahapan membagikan konten dan memanfaatkan fitur Instagram. Ketiga, berkolaborasi dengan pihak eksternal. Langkah yang dilakukan dalam berkolaborasi yaitu mengidentifikasi dan memilih mitra, serta membuatan kegiatan kolaboratif. Keempat, membangun dan menjaga hubungan dengan audiens dengan memanfaatkan fitur Instagram ads, membagikan konten secara konsisten, dan menerima feedback dan survey ENGLISH: Taulebih is a digital platform that aims to provide gender and sexuality education based on Islamic teachings. Taulebih packages informative content uniquely and creatively, so that it can attract the attention of the audience. This research aims to describe the use of social media Instagram Taulebih in an effort to shape the image of the institution, through four aspects of discussion, namely the stages of message formation, the stages of communication with the audience, the stages of collaboration with external parties, and the stages of building and maintaining relationships with the audience. The 4C concept (Context, Communication, Collaboration, and Connections) proposed by Chris Heuer, was used in this research. This concept is used because it has relevance in the social media management carried out by Taulebih. This research uses a constructivist paradigm and qualitative research methods. Researchers obtain research results through observation, documentation and in-depth interviews. The results of the research show that there are four stages of aspects that Taulebih has carried out in utilizing Instagram, to improve the image of the institution. First, create messages and content. Message formation is made through the stages of brainstorming ideas, determining the type of content, designing content, and carrying out quality control. Second, namely communicating with the audience. Communication with the audience is built through the stages of sharing content and utilizing Instagram features. Third, collaborate with external parties. The steps taken in collaborating are identifying and selecting partners, as well as creating collaborative activities. Fourth, build and maintain relationships with your audience by utilizing the Instagram ads feature, sharing content consistently, and receiving feedback and surveys.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan; Media Sosial; Citra; Taulebih
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Intan Fairuziah
Date Deposited: 13 Aug 2024 01:56
Last Modified: 13 Aug 2024 01:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93503

Actions (login required)

View Item View Item