Varihah, Sovi (2024) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantu wizer.Me terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Pendidikan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat diharapkan siswa dapat menerima pembelajaran dengan lebih maksimal. Namun guru belum terbiasa memanfaatkan media berbasis teknologi di sekolah dimana hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery learning berbantu wizer.me terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini diperoleh melalui purposive sampling yang dibagi kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing masing kelas sebanyak 30 orang siswa kelas X dari sekolah SMA Karya Budi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh dari kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery learning berbantu wizer.me yang dapat dilihat dari peningkatan hasil pembelajaran dengan rata-rata nilai sebesar 86.33 dengan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 76.33. Hasil uji hipotesis juga menunjukan bahwa hipotesis diterima dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000<0,05. Maka dari itu penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Discovery learning berbantu wizer.me terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem. ENGLISH: Education can improve quality human resources, by using appropriate learning models and media it is hoped that students can receive learning more optimally. However, teachers are not yet accustomed to using technology-based media in schools, where this affects student learning outcomes. Therefore, this research aims to determine the effect of the Discovery learning model assisted by wizer.me on students' cognitive learning outcomes on ecosystem material. This research uses a quasi-experimental method with a quantitative approach. The sample for this research was obtained through purposive sampling which was divided into experimental classes and control classes with 30 class X students from Karya Budi High School in each class. The results of this research show that there is an influence from the experimental class which uses the Discovery learning model assisted by wizer.me which can be seen from the increase in learning outcomes with an average score of 86.33 with the control class getting an average score of 76.33. The results of the hypothesis test also show that the hypothesis is accepted with the significance value obtained, namely 0.000<0.05. Therefore, this research shows that there is an influence from the use of the Discovery learning model assisted by wizer.me on students' cognitive learning outcomes in ecosystem material.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning; Ekosistem; Hasil belajar kognitif; Wizer.me |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sovi Varihah |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:01 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93628 |
Actions (login required)
View Item |