Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi aljabar: Penelitian kuasi eksperimen pada pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Cimanggung

Afifah, Adiasti Nur (2024) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi aljabar: Penelitian kuasi eksperimen pada pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Cimanggung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFATAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih perlu ditingkatkan, salah satu cara untuk meningkatkannya digunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Noneqivalent Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cimanggung tahun ajaran 2023/2024 dengan mengambil dua sampel dari sepuluh kelas. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations lenih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori. (b) pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori berdasarkan PAM dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. (c) Respon siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations menunjukkan sikap yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; PhET Simulations; Problem Based Learning
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: adiasti nur afifah
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:23
Last Modified: 19 Aug 2024 03:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93668

Actions (login required)

View Item View Item