Afifah, Adiasti Nur (2024) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi aljabar: Penelitian kuasi eksperimen pada pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Cimanggung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (DAFATAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih perlu ditingkatkan, salah satu cara untuk meningkatkannya digunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Noneqivalent Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cimanggung tahun ajaran 2023/2024 dengan mengambil dua sampel dari sepuluh kelas. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations lenih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori. (b) pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori berdasarkan PAM dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. (c) Respon siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PhET Simulations menunjukkan sikap yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; PhET Simulations; Problem Based Learning |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | adiasti nur afifah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:23 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93668 |
Actions (login required)
View Item |