Atallah Tresna Irawan, Fakhri (2024) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa Pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I .pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
Abstract
Berdasarkan studi yang dilakukan di salah satu MA di kota Bandung, diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran biologi masih minim penggunaan media pembelajaran, serta penerapan model yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif, dan menganalisis respon siswa terhadap model Discovery Learning berbantu Edpuzzle pada materi sistem pernapasan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa soal kognitif, lembar observasi guru dan siswa, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 91% dan keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Discovery Learning berbantu Edpuzzle memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 55 dan posttest 81 dengan nilai N-Gain sebesar 0,61% dengan kategori sedang. Nilai N-Gain per indikator tertinggi yaitu C1 dengan skor 0,86% sedangkan yang terendah pada indikator C5 dan C6 dengan skor 0,49%. Hasil perhitungan Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantu Edpuzzle memperoleh nilai 80% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan model Discovery Learning berbantu Edpuzzle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning; Edpuzzle; Hasil Belajar Kognitif; Sistem Pernapasan |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Accounting Accounting > Education, Research of Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Atallah Fakhri Tresna Irawan |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:52 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93702 |
Actions (login required)
View Item |