Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa Pada materi sistem pernapasan

Atallah Tresna Irawan, Fakhri (2024) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa Pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Berdasarkan studi yang dilakukan di salah satu MA di kota Bandung, diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran biologi masih minim penggunaan media pembelajaran, serta penerapan model yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif, dan menganalisis respon siswa terhadap model Discovery Learning berbantu Edpuzzle pada materi sistem pernapasan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa soal kognitif, lembar observasi guru dan siswa, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 91% dan keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Discovery Learning berbantu Edpuzzle memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 55 dan posttest 81 dengan nilai N-Gain sebesar 0,61% dengan kategori sedang. Nilai N-Gain per indikator tertinggi yaitu C1 dengan skor 0,86% sedangkan yang terendah pada indikator C5 dan C6 dengan skor 0,49%. Hasil perhitungan Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantu Edpuzzle memperoleh nilai 80% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan model Discovery Learning berbantu Edpuzzle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Edpuzzle; Hasil Belajar Kognitif; Sistem Pernapasan
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Atallah Fakhri Tresna Irawan
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:52
Last Modified: 19 Aug 2024 03:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93702

Actions (login required)

View Item View Item