Zainudin, Ali (2024) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di sekolah dasar unggulan: Penelitian di SD Bintang Madani Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
Abstract
Peran penting Sarana dan Prasarana Pendidikan sebagai salah satu dari delapan standar nasional Pendidikan yang berupaya meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini menyoroti bahwa kurang memadainya penyelenggaraan sarana dan prasarana pendidikan menjadi penyebab utama rendahnya mutu pendidikan. Studi ini juga mencatat bahwa meskipun besar biaya yang dikeluarkan untuk Dana Sumbangan Pembangunan, hal tersebut tidak selalu menjadi faktor utama dalam peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, menjadi suatu hal yang menarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap pengelolaan perlengkapan pendidikan di SD Bintang Madani. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis perpustakaan atau kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa; 1).SD Bintang Madani telah melakukan analisis mendalam terhadap perencanaan sarana dan prasarana sekolah menggunakan sistem spreadsheet terkomputerisasi. Sistem ini dapat diakses oleh semua guru sebagai dasar untuk mengidentifikasi kebutuhan awal yang efektif dan efisien. 2).Pengadaan perlengkapan pendidikan didasarkan pada pemantauan prasarana dan sarana yang ada. 3).Inventarisasi perlengkapan pendidikan dilakukan sesuai dengan protokol pengoperasian yang telah ditetapkan dalam Intruksi Kerja (IK). 4).Pendistribusian perlengkapan pendidikan mengikuti prinsip dari perencanaan sebelumnya. 5).Pemeliharaan perlengkapan pendidikan dilakukan oleh General Apair (GA) yang dipilih dari kalangan tenaga kependidikan oleh Yayasan Sygma Foundation. 6).Pengawasan perlengkapan pendidikan dilakukan secara internal oleh Yayasan Sygma Foundation dan bersama dengan pihak eksternal atau sistem manajemen ISO. 7).Penghapusan perlengkapan pendidikan dilakukan untuk memperbaiki atau mengganti perlengkapan yang sudah tidak layak pakai, dibuktikan dengan berita acara lost and found. 8).Program Unggulan di SD Bintang Madani tetap komit dalam tiga hal; Bina Akhlak, Bina Prestasi, dan Bina Lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Sarana dan Prasarana; Sekolah Unggulan |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Elementary Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ali Zainudin S.Pd.I., M.Pd., C.ISP |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 06:09 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 06:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93708 |
Actions (login required)
View Item |