Perubahan mata pencaharian dari petani ke pedagang dalam pemberdayaan ekonomi keluarga di pasar kaget: Studi deskriptif di Desa Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Risanti, Khairunnisa Nailah (2024) Perubahan mata pencaharian dari petani ke pedagang dalam pemberdayaan ekonomi keluarga di pasar kaget: Studi deskriptif di Desa Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari para kondisi masyarakat Desa Cipadung yang mengalami perubahan mata pencaharian yang sebelumnya berprofesi sebagai petani menjadi pedagang karena dilatarbelakangi oleh beberapa faktor internal dan eksternal seperti terjadi perubahan kebutuhan ekonomi keluarga yang terus meningkat, serta lahan produktivitas petani yang terus berkurang menyebabkan ketidaksinkronan antara kebutuhan yang terus meningkat namun mengalami penurunan pendapatan dari hasil pertanian yang menyebabkan sebagian besar para petani beralih pekerjaan dari sektor pertanian ke sektor perdagangan agar terus dapat bertahan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran Pasar Kaget Manglayang, perubahan mata pencaharian dari agraris ke non-agraris, dan dampaknya terhadap kondisi ekonomi masyarakat serta peningkatan taraf hidup pedagang. Diharapkan Pasar Kaget Manglayang dapat memberikan peluang usaha, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan ekonomi lokal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu oleh Edi Suharto (2014) mencirikan pemberdayaan sebagai sebuah proses kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat, termasuk individu-individu yang mengalami masalah kemiskinan maka pemberdayaan menunjuk pada keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial yaitu masyarakat yang berdaya, memiliki kekuasaan atau mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang bersifat fisik, ekonomi, maupum sosial seperti mata pencaharian, berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan mandiri dalam melaksanakan tugas-tugas kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu peneliti mengumpulkan informasi langsung dengan data yang didapatkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Datadata yang sudah dikumpulkan akan dianalisis dan digambarkan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dalam ruang lingkup Pasar Kaget Manglayang. Hasil penelitian menunjukkan perubahan mata pencaharian dari sektor pertanian ke sektor perdagangan bisa terjadi karena adanya faktor sosial ekonomi yang mempengaruhinya. Pasar Kaget Manglayang, meskipun awalnya menimbulkan ketidaknyamanan, namun saat ini telah tumbuh menjadi pusat ekonomi yang penting bagi masyarakat. Dampaknya cukup signifikan, memberikan peluang ekonomi dan lapangan pekerjaan, namun juga menimbulkan dampak sosial yang perlu diperhatikan seperti peningkatan sampah dan gangguan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Perubahan Mata Pencaharian
Subjects: Humankind
Social Process
Communities
Communities > Movement of People to, from, within Communities
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khairunnisa Nailah
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:51
Last Modified: 19 Aug 2024 02:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93742

Actions (login required)

View Item View Item