Pengaruh penggunaan chat generative pre-trained transformer (ChatGPT) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMK Permata Negeri Garut

Munawar, Fuad (2024) Pengaruh penggunaan chat generative pre-trained transformer (ChatGPT) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMK Permata Negeri Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Guru di SMK Permata Negeri Garut telah menggunakan media pembelajaran ChatGPT dengan tahapan-tahapan sesuai teori. Tahapan tersebut yaitu pembuatan perencanaan (membuat rencana pembelajaran), tahap pelaksanaan (penerapan media), dan tahap evaluasi (tanya jawab). Namun pada kenyataannya motivasi dan hasil belajar peserta didik cenderung menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: realitas penggunaan ChatGPT di kelas XI TKJ SMK Permata Negeri Garut, pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas XI TKJ SMK Permata Negeri Garut, pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata Pelajaran PAI di kelas XI TKJ SMK Permata Negeri Garut, dan pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata Pelajaran PAI di kelas XI TKJ SMK Permata Negeri Garut. Penelitian ini didasarkan pada teori yang mengatakan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran, salah satunya media pembelajaran berbasis kecerdasan buatan yaitu ChatGPT. Atas dasar tersebut maka penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif, karena untuk mendeskripsikan hasil perhitungan yang berbentuk angka kedalam bentuk deskripsi. Teknik analisis data dengan Teknik korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes dengan sampel 36 orang peserta didik. Selain itu pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh informasi objketif lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil: Pertama, realitas penggunaan ChatGPT sudah terlaksana dengan baik. Kedua, Tingkat pengaruh ChatGPT terhadap motivasi peserta didik sebesar 0,029 yaitu berkategori rendah karena peserta didik merasa menjadi cenderung pasif dalam pembelajaran menggunakan ChatGPT. Ketiga, Tingkat pengaruh ChatGPT terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 0,038 yaitu berkategori rendah karena peserta didik masih sekedar copy-paste informasi dari ChatGPT. Keempat, Koefisien korelasi untuk variabel motivasi belajar sebesar 0,365 dan untuk hasil belajar sebesar 0,347 dimana keduanya berkategori rendah. Skor Sig. (2-tailed) untuk variabel Y1 sebesar 0,029 dan untuk variabel Y2 sebesar 0,038 mengindikasikan adanya pengaruh secara simultan dan signifikan antara penggunaan ChatGPT terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penanggulangan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik di SMK Permata Negeri yakni perlu adanya variasi dalam proses pembelajaran supaya peserta didik ikut serta secara aktif dalam pembelajaran dan perlu adanya kontrol dari guru terhadap peserta didik supaya dalam penggunaan media pembelajaran ChatGPT peserta didik dapat memahami informasi yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT; Pembelajaran; Motivasi; Hasil Belajar Kognitif; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Munawar
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:17
Last Modified: 19 Aug 2024 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93766

Actions (login required)

View Item View Item