Al Arofi, Muhammad Akmal (2024) Penerapan metode problem based learning menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Mekar Arum Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan metode problem based learning menggunakan media audio visual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode problem based learning menggunakan media audio visual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode problem based learning menggunakan media audio visual yerhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini didasarkan atas teori yang menyatakan bahwa: Problem Based Learning (PBL) adalah pendekatan dalam kurikulum dan proses pembelajaran di mana siswa diberikan masalah-masalah yang memerlukan pengetahuan, keterampilan pemecahan masalah, dan kerja sama. PBL didesain untuk mengembangkan kemampuan ini melalui pendekatan sistematis dalam menyelesaikan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan masa depan karier siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design dan non equivalent control group design. Karena penelitian ini berorientasi kepada statistik karena menggunakan angka-angka, maka analisis data dilakukan secara matematis dengan teknik statistik. Pendekatan ini dipilih untuk menguji hipotesis dan mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Problem based learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Hasil post-test kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata 85,25 dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 74,75. 3) Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penerapan metode problem based learning menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning; audio visual; hasil belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akmal Muhammad |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:28 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93836 |
Actions (login required)
View Item |