Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, Sharing) hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung

Khansa, Neng Salma Aliyah (2024) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, Sharing) hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari guru PAI bahwa model pembelajaran RMS mendapatkan tanggapan positif dari siswa, dapat terlihat dari antusias siswa dalam proses pembelajaran, namun pada pelaksanaannya masih ditemui beberapa siswa yang hasil belajarnya rendah. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang nilainya dibawah KKM. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, Sharing), 2) Hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, Sharing) dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, Sharing) dapat memengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan antara Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran RMS dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran RMS (X) dengan nilai rata-rata sebesar 3,68 termasuk ke dalam kategori tinggi yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Hasil belajar kognitif (Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru dengan nilai rata-rata sebesar 81,69 termasuk ke dalam kategori sangat baik yang berada pada interval 80-100. 3) Hubungan antara variabel X dengan variabel Y ditunjukkan dengan skor koefisien korelasi 0,31 berada pada interval 0,1999 – 0,39 yang artinya korelasi lemah antara kedua variabel. Berdasarkan pada uji hipotesis diperoleh thitung 3,33 > ttabel 1,67 hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ha (hipotesis alternatif) diterima. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 10%, dengan demikian sisanya sebesar 90% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Artinya dengan taraf signifikansi α = 5% terdapat korelasi rendah yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Model Pembelajaran RMS; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neng Salma Aliyah Khansa
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:32
Last Modified: 20 Aug 2024 06:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93838

Actions (login required)

View Item View Item