Pengaruh Kesepian dan Uses and Gratification terhadap kecenderungan adiksi sosial media pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

Fariyani, Devita Setya (2024) Pengaruh Kesepian dan Uses and Gratification terhadap kecenderungan adiksi sosial media pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSRAK)
2_abstrak.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (839kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya kenaikan pengguna sosial media. Kenaikan pengguna sosial media ini dapat menjadi sebuah masalah, yaitu kecenderungan adiksi sosial media. Fenomena kecenderungan adiksi sosial media sudah banyak terjadi khususnya di kalangan mahasiswa yang melek dengan teknologi. Terdapat beberapa hal yang membuat mahasiswa mengalami kecenderungan adiksi sosial media, diantaranya adalah kesepian dan uses and gratification. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kesepian dan uses and gratification terhadap adiksi sosial media pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 152 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6-Item De Jong Gierveld Loneliness Scale for Emotional and Social Loneliness berdasarkan teori Gierveld dan Van Tilburg (2006). Motive to Use Social Networking Sites Scale (MOTUS) berdasarkan teori Reimann dkk., (2023). Social Media Addiction Scale (SMAS) yang dikembangkan oleh Al-Menayes (2015). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh antara kesepian dan uses and gratification terhadap kecenderungan adiksi sosial media pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: adiksi sosial media; kesepian; uses and gratification
Subjects: Psychology
Psychology > General Publications of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Devita Setya Fariyani
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:41
Last Modified: 20 Aug 2024 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93847

Actions (login required)

View Item View Item