Perdana, Fekis Baghas (2024) Nilai-nilai pendidikan dalam surat Luqman ayat 12-19 ; Studi tafsir Hidayatul Insan Marwan bin Musa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (894kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul ”Nilai-nilai Pendidikan dalam Surat Luqman Ayat 12-19 Studi Tafsir Hidayatul Insan karya Marwan bin Musa”. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Surat Luqman ayat 12-19, dengan memakai pendekatan tafsir. Fokus utama penelitian ini adalah menjelajahi isi dan kandungan Surat Luqman khususnya padanayat 12-19, untuk mengungkapkan pesan-pesan pendidikan yang tersimpan didalamnya. Dengan merinci tafsir yang disusun oleh Marwan bin Musa, penelitian ini berusaha menggali pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep pendidikan Islam yang dapat diambil sebagai pedoman bagi individu dan masyarakat dalam mencapai kesempurnaan spiritual dan moral. Penelitian ini dapat dikategorika nsebagai penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif menjadi pendekatan utama dalam mengungkap makna dan menjadi fokus penelitian yaitu Surat Luqman Ayat 12-19. Sumber data primer penelitian ini berasal dari kitab tafsir Hidayatul Insan yang membahas secara rinci nilai-nilai pendidikan dalam surta Luqman ayat 12-19. Selain itu, sumber data sekunder melibatkan artikel ilmiah, buku-buku, skripsi, dan sumber-sumber lain yang memiliki relevansi dengan tujuan penelitian. Dengan menggunakan metode deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pemahaman mendalam tentang pesan-pesan pendidikan dalam Surat Luqman, serta memberikan kontribusi bagi pemahaman lebih luas terkait nilai-nilai pendidika ndalam konteks Islam. Hasil penelitian ini mengungkapkan dengan jelas bahwa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Surat Luqman Ayat 12-19, sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Hidayatul Insan karya Marwan bin Musa. Dalam ayat-ayat tersebut, ditemukan pemahaman mendalam tentang pentingnya pengajaran bijak kepada anak-anak, dengan penekanan pada kesadaran akan keesaan Allah, hikmah, dan akhlak yang luhur. Metode deskriptif membuka wawasan tentang upaya Luqman sebagai figur pendidik, yang tidak hanya memberikan nasihat praktis namun juga mengarahkan ke arah pengembangan spiritualitas dan moralitas. Pemahaman ini diintegrasikan dengannnilai-nilai pendidikan Islam, menciptakan sebuah pandangan holistik tentang pendidikan dalamnperspektif Al-Qur'an. Dengan demikian, penelitiannini memberikan kontribusi penting untuk memperkaya literatur pendidikan Islam dengan menguraikan nilai-nilai yang dapat membimbing individu dan masyarakat yang lebih baik dengan pendidikannya maupun kehidupan mereka dalam sehari-harinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai nilai pendidikan |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Perdana Fekis Baghas |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:03 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93913 |
Actions (login required)
View Item |