Kepemimpinan Kepala Madrasah hubungannya dengan pendidikan karakter peserta didik : Penelitian di MTs se-Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut

Dzakiyyah, Diella (2024) Kepemimpinan Kepala Madrasah hubungannya dengan pendidikan karakter peserta didik : Penelitian di MTs se-Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah berperan sebagai kontrol bagi segala aktivitas guru, staf dan peserta didik dan sekaligus untuk meneliti persoalan-persoalan yang timbul di lingkungan Madrasah. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kodratnya menuju ke arah peradaban yang manusia dan lebih baik. Rendahnya karakter peserta didik, mengharuskan kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan dituntut untuk bisa lebih berusaha lagi dalam menerapkan kebijakan-kebijakan yang mengatur pembentukan kualitas karakter pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kepemimpinan kepala madrasah di MTs se-Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, (2) menganalisis pendidikan karakter peserta didik di MTs se-Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, dan (3) menganalisis hubungan kepemimpinan kepala madrasah dengan pendidikan karakter peserta didik di MTs se-Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Pengumpulan data didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Sampel penelitian ini adalah siswa MTs se-Kecamatan Kabupaten Garut sebanyak 93 orang yang ditentukan melalui rumus slovin dan pendistribusian sampel yang terdiri dari tiga sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) Kepemimpinan kepala madrasah, hasil analisis statistik deiskriptif dipeiroleih nilai rata-rata keiseiluruhan indikator yaitu 3,29, nilai ini masuk pada kateigori seidang. Seihingga dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah di MTs se-kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut seidang. Hal ini berarti kepala madrasah dalam kepemimpinannya telah melakukan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. 2) Pendidikan karakter peserta didik, hasil analisis statistik deiskriptif nilai rata-rata keiseiluruhan indikator yaitu 3,22, nilai ini masuk pada kateigori seidang. Seihingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter peserta didik di MTs se-kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut seidang. Hal ini berarti pendidikan karakter peserta didik telah dilaksanakan sebagai bagian dari kepemimpinan kepala madrasah. (3) Kepemimpinan kepala madrasah hubungannya dengan pendidikan karakter peserta didik, dilakukan uji koreilasi dan dipeiroleih hasil bahwa teirdapat koreilasi antar variabeil. Kareina peiarson correilation pada analisis ini beirnilai positif maka koreilasi antar variabeil beirsifat positif. Seihingga seimakin baik kepemimpinan kepala madrasah maka seimakin baik pula pendidikan karakter peserta didik di MTs se-kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Beirdasarkan uji koeifisieinsi deiteirminasi, dipeiroleih hasil koeifisiein deiteirminasi seibeisar 0,279 yang beirmakna bahwa kontribusi variabeil kepemimpinan kepala madrasah i teirhadap pendidikan karakter peserta didik di MTs se-kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut seibeisar 27,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakter; Kepemimpinan; Pendidikan
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Applied Psychology > Leadership
Islam > Islamic Leaders
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Diella Dzakiyyah Syam
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:15
Last Modified: 27 Aug 2024 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93945

Actions (login required)

View Item View Item