Penerapan model problem Based Learning dan Mindmapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian pada Siswa Kelas XI MAN 1 Bandung

Maulana, Muhammad Ihsan (2024) Penerapan model problem Based Learning dan Mindmapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian pada Siswa Kelas XI MAN 1 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang memiliki hasil rendah dari proses belajarnya. Hal ini terjadi karena banyak faktor yang mendasari, mulai dari rendahnya motivasi atau minat siswa dalam belajar, pasif, dan tidak memiliki rasa keingintahuan. Faktor lainnya ialah kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru sehingga pembelajaran tidak maksimal dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil Belajar Siswa Sebelum Menggunakan Model Problem Based Learning dan Mindmapping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 2) Penerapan Model Problem Based Learning dan Mindmapping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 3) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Setelah Model Problem Based Learning dan Mindmapping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat ditingkatkan melalui penerapan berbagai strategi dan metode pembelajaran antara lain Penerapan Model Problem Based Learning dan Mindmapping. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Problem Based Learning dan Mindmapping. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode Quasi Eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, Pre-Test, Post-Test, Wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, paired sample t-test, uji homogenitas, Uji Mann Whitley, dan Uji N- Gain. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Hasil belajar sebelum menggunakan Model Problem Based Learning dan Mindmapping adalah 50,00, yang didapatkan dengan menggunakan uji paired sample t-test, 2) Penerapan Model Problem Based Learning dan Mindmapping sangat baik sekali, dilihat dari hasil pelaksanaan sintaks yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung sesuai dengan perencanaan dan teori yang berlaku, dan 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Problem Based Learning dan Mindmapping adalah sebesar 77,00. Selain itu, hasil uji N-Gain yang mendapatkan skor 0,4997 yang apabila dikategorikan termasuk ke dalam kategori peningkatan yang sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning dan Mindmapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MAN 1 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Mindmapping; Sejarah Kebudayaan Islam;
Subjects: Islam > Islamic History
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ihsan Maulana
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:35
Last Modified: 12 Sep 2024 08:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93946

Actions (login required)

View Item View Item