Nurhalimah, Mina (2024) Gaya Kepemimpinan dan etos kerja kepala madrasah hubungannya dengan kinerja tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
Gaya kepemimpinan dan etos kerja kepala madrasah merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung, ditemukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan dan etos kerja kepala madrasah sehingga memiliki kaitannya dengan kinerja tenaga kependidikan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Bandung, 2) Etos kerja kepala madrasah di MAN se-Kabupaten Bandung, 3) Kinerja tenaga kependidikan di MAN se-Kabupaten Bandung dan 4) Hubungan gaya kepemimpinan dan etos kerja kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di MAN se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mana merupakan paradigma positivistic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis korelasional. Sumber data diperoleh melalui penyebaran angket pada responden. Adapun responden pada penelitian ini adalah tenaga kependidikan MAN se-Kabupaten Bandung sebanyak 43 orang. Hasil penelitian menunjukan 1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah di MAN Se-Kabupaten Bandung, nilai rata-rata keiseiluruhan adalah 3,63 termasuk ke dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah dikategorikan tinggi. Artinya kepala madrasah telah berhasil menjalankan pernananya sebagai seorang pemimpin. 2) Etos kerja kepala madrasah di MAN Se-Kabupaten Bandung, nilai rata-rata keiseiluruhan yang didapat adalah 3,5 termasuk ke dalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa etos kerja kepala madrasah dikategorikan sedang. Artinya kepala madrasah memilik etos kerja yang baik. 3) Kinerja tenaga kependidikan di MAN Se-Kabupaten Bandung, nilai rata-rata keiseiluruhan yang didapat adalah 3,57 termasuk ke dalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja tenaga kependidikan dikategorikan sedang. Artinya kinerja tenaga kependidikan sudah baik. 4) Beirdasarkan uji koreilasi yang teilah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara gaya kepemimpinan dan etos kerja kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di MAN se-Kabupaten Bandung. Beirdasarkan uji koeifisiein deiteirminasi pada peineilitian ini dipeiroleih hasil koeifisieinsi deiteirminasi seibeisar 0,204 yang beirmakna bahwa kontribusi variabeil gaya kepemimpinan dan etos kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan seibeisar 20,4%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan; Etos Kerja; Kinerja; Tenaga Kependidikan; Kepala Madrasah |
Subjects: | Social Process > Leadership Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mina Nurhalimah |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:47 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94106 |
Actions (login required)
View Item |