Hubungan partisipasi peserta didik dalam pendidikan Akhlak melalui program Bina Pribadi Islami terhadap kemampuan kognitif terkait Materi keIslaman dan Akhlak Mulia peserta didik : Penelitian di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur

Meliana, Siska (2024) Hubungan partisipasi peserta didik dalam pendidikan Akhlak melalui program Bina Pribadi Islami terhadap kemampuan kognitif terkait Materi keIslaman dan Akhlak Mulia peserta didik : Penelitian di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Dalam upaya pengembangan kemampuan kognitif dan akhlak mulia, pendidikan berbasis Islam sedang digalakkan di berbagai sekolah-sekolah Islam terpadu karena kemajuan umat Islam itu pendekatannya dengan mengikuti ajaran Islam dan ketertinggalannya pun dengan menjauhi diri dari ajaran Islam. Namun pada kenyataannya, dalam proses pembelajaran hasilnya belum dapat memenuhi standar kemampuan kognitif dan akhlak yang diharapkan. Peserta didik masih banyak yang belum memahami materi, nilai belum memenuhi KKM, masih terjadi bullying, dan masih banyak peserta didik yang belum memiliki akhlak mulia. Dengan demikian, kegiatan pendidikan dan pembinaan akhlak di luar jam pelajaran seperti partisipasi dalam program bina pribadi Islami dirasa perlu adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: a) Partisipasi peserta didik dalam mengikuti program bina pribadi Islami di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur, b) Kemampuan kognitif terkait materi keIslaman peserta didik mengikuti program bina pribadi Islami di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur, c) Akhlak mulia peserta didik mengikuti program bina pribadi Islami di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur, d) Hubungan antara partisipasi dalam program bina pribadi Islami dengan kemampuan kognitif peserta didik terkait materi keislaman di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur, e) Hubungan antara partisipasi dalam program bina pribadi Islami dengan akhlak mulia peserta didik di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur. Penelitian ini berdasarkan pada teori bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan akhlak mulia ialah apabila seluruh peserta didik terlibat secara aktif maupun pasif tanpa terkecuali dalam suatu kegiatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional melalui analisis korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) partisipasi peserta didik dalam program bina pribadi Islami memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,42, skor ini termasuk pada kualifikasi sangat tinggi 2) kemampuan kognitif peserta didik terkait materi keIslaman memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 86,00, skor ini termasuk pada kualifikasi baik. 3) akhlak mulia peserta didik dalam program bina pribadi Islami memiliki nilai rata-rata keseluruhan variabel sebesar 4,31, skor ini termasuk pada kualifikasi sangat tinggi. 4) hubungan partisipasi peserta didik dalam program bina pribadi Islami dengan kemampuan kognitif menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,636 dimana partisipasi memiliki pengaruh sebesar 40% terhadap kemampuan kognitif dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar partisipasi. 5) hubungan partisipasi peserta didik dalam program bina pribadi Islami dengan akhlak mulia menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,857, dimana partisipasi memiliki pengaruh sebesar 73% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar partisipasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Partisipasi; Program Bina Pribadi Islami; Kemampuan Kognitif; dan Akhlak Mulia;
Subjects: Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siska sisis ika
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:21
Last Modified: 27 Aug 2024 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94119

Actions (login required)

View Item View Item