Indrawati, Sispia Fuji (2024) Pengembangan LKPD materi klasifikasi tumbuhan berdasarkan identifikasi tumbuhan Angiospermae di sekitar SMP Karsa Madya – YKM Tanjungsari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISIBA)
3_daftarisi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran yang kurang bervariasi menjadi salah satu hal yang mengakibatkan peserta didik sulit memahami materi yang mereka pelajari. Dengan adanya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber ajar IPA dalam media pembelajaran dinilai akan membantu peserta didik lebih memahami materi karena pada hakikatnya mata pelajaran IPA sangat berkaitan erat dengan lingkungan juga dapat membuat membuat pembelajaran lebih relevan dengan latar belakang peserta didik sehingga proses pembelajaran akan lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan menganalisis kelayakan LKPD materi klasifikasi tumbuhan berdasarkan identifikasi tumbuhan angiospermae di sekitar SMP Karsa Madya – YKM Tanjungsari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 3-D (define, design dan develop) dimana data hasil identifikasi tumbuhan angiospermae di sekitar SMP Karsa Madya-YKM Tanjungsari digunakan sebagai sumber ajar dalam LKPD. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi untuk ahli materi, media dan guru IPA serta lembar uji keterbacaan untuk 20 orang peserta didik kelas VII SMP Karsa Madya-YKM Tanjungsari. Hasil penelitian menunjukan lembar kerja yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan hasil persentase validasi ahli materi 64,8%, persentase validasi ahli media 86,7% dan persentase validasi guru mata pelajaran 89,5% sedangkan untuk hasil uji keterbacaan mendapat persentase 83% dengan kategori sangat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi Tumbuhan Angiospermae; LKPD; Klasifikasi Tumbuhan |
Subjects: | Education Secondary Education > Lower Level Secondary School Natural Science Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Plants, Botany |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sispia Fuji Indrawati |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 02:24 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94207 |
Actions (login required)
View Item |