The Consumer Society: perilaku konsumtif dalam perspektif Jean Baudrillard: Studi kasus mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Komala, Galuh Ratna (2024) The Consumer Society: perilaku konsumtif dalam perspektif Jean Baudrillard: Studi kasus mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan individu dalam membeli barang atau jasa tanpa mempertimbangkan kebutuhan secara bijak. Kemajuan ilmu dan sains telah membawa dampak sehingga berubah dengan signifikan terutama pada aspek kehidupan bersosialisasi. Kondisi seperti ini tatkala menjadikan setiap individu berlomba-lomba untuk mewujudkan keinginan, Pada hari ini gaya konsumtif cenderung di berbagai kalangan, hal seperti itu juga terjadi di Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan dampak dari perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, serta ingin memahami relasi sosial terhadap lingkungan pelaku konsumtif di mahasiswa Fakultas Ushuluddin. Berdasarkan tujuan penelitian ini maka berkaitan dengan teori Jean Baudrillard mengenai the consumer society yang dikonsumsi tidaklah komoditas, melainkan mengkonsumsi tanda (simbolik). Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif sehingga metode yang dipilih oleh peneliti yaitu kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Teknik analisis datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dilakukan dengan dua cara, data sekunder dan data primer yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini informan menyadari jika konsumsi yang dilakukan berlebihan atas suatu produk didasari karena adanya iklan yang disajikan di sosial media. Oleh karena itu, masyarakat kontemporer saat ini konsumsi simbolik dengan begitu ditemukan berkorelasi dengan teori Jean Baudrillard.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa; Perilaku Konsumtif; Simulasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Econmics > Capitalism Economics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: GRatna Komala
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:17
Last Modified: 28 Aug 2024 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94221

Actions (login required)

View Item View Item