Komala, Galuh Ratna (2024) The Consumer Society: perilaku konsumtif dalam perspektif Jean Baudrillard: Studi kasus mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
Abstract
Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan individu dalam membeli barang atau jasa tanpa mempertimbangkan kebutuhan secara bijak. Kemajuan ilmu dan sains telah membawa dampak sehingga berubah dengan signifikan terutama pada aspek kehidupan bersosialisasi. Kondisi seperti ini tatkala menjadikan setiap individu berlomba-lomba untuk mewujudkan keinginan, Pada hari ini gaya konsumtif cenderung di berbagai kalangan, hal seperti itu juga terjadi di Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan dampak dari perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, serta ingin memahami relasi sosial terhadap lingkungan pelaku konsumtif di mahasiswa Fakultas Ushuluddin. Berdasarkan tujuan penelitian ini maka berkaitan dengan teori Jean Baudrillard mengenai the consumer society yang dikonsumsi tidaklah komoditas, melainkan mengkonsumsi tanda (simbolik). Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif sehingga metode yang dipilih oleh peneliti yaitu kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Teknik analisis datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dilakukan dengan dua cara, data sekunder dan data primer yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini informan menyadari jika konsumsi yang dilakukan berlebihan atas suatu produk didasari karena adanya iklan yang disajikan di sosial media. Oleh karena itu, masyarakat kontemporer saat ini konsumsi simbolik dengan begitu ditemukan berkorelasi dengan teori Jean Baudrillard.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa; Perilaku Konsumtif; Simulasi |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Process Econmics > Capitalism Economics |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat |
Depositing User: | GRatna Komala |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 02:17 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94221 |
Actions (login required)
View Item |