Adawiah, Risha Robiyatul (2024) Penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Download (669kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 15 Kota Bandung yang masih menggunakan media konvensional yaitu buku ajar. Banyak siswa yang tidak memperhatikan saat pembelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang optimal. Dengan ini peneliti akan menggunakan media Assemblr Edu yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Assemblr Edu pada mata pelajaran PAI-BP pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Kota Bandung. 2) Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media Assemblr Edu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP kelas XI SMA Negeri 15 Kota Bandung. 3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media Assemblr Edu pada mata pelajaran PAI-BP kelas XI SMA Negeri 15 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada hipotesis bahwa media pembelajaran Assemblr Edu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media Assemblr Edu diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena memiliki kelebihan menciptakan output visual dalam format tiga dimensi yang dapat menumbuhkan rasa ingin tahu pada peserta didik, serta menyajikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen dan 34 peserta didik kelas XI 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Kemudian analisis data yang digunakan yaitu uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Assemblr Edu di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 65,31 dan di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 57,06. 2) Proses penerapan media Assemblr Edu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP kelas XI 5 (eksperimen) dapat dikategorikan baik. Hal ini berdasarkan perolehan skor observasi pembelajarannya dengan skor rata-rata yaitu 70,66%. 3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media Assemblr Edu pada siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata post-test 79,69 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata post-test 70,88. Peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen setelah diterapkannya media Assemblr Edu memperoleh nilai indeks N-Gain 0,4476 atau 44,76%. dan di kelas kontrol 0,3340 atau 33,40% artinya di kedua kelas memiliki kategori nilai Sedang. Jadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media Assemblr Edu dikategorikan tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Assemblr Edu; PAI-BP; Hasil belajar |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Risha Robiyatul Adawiah |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 06:05 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 06:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94292 |
Actions (login required)
View Item |