Perbandingan literasi sains peserta didik antara yang menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning pada Materi Pemanasan Global

Asyiah, Jamilah Nur (2024) Perbandingan literasi sains peserta didik antara yang menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning pada Materi Pemanasan Global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Peringkat literasi sains peserta didik di Indonesia menurut survei PISA tahun 2022 adalah 67 dari 79 negara. Berdasarkan hasil studi lapangan rata-rata literasi sains peserta didik dengan persentase 56,67% berada pada kategori rendah. Salah satu penyebab rendahnya literasi sains pada peserta didik yaitu kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang berdampak pada rendahnya kemampuan peserta didik untuk menjelaskan fenomena secara ilmiah, menyelidiki kasus secara ilmiah dan menafsirkan suatu data secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan membandingkan model pembelajaran mana yang lebih tepat dalam meningkatkan literasi sains antara model Project Based Learning (PjBL) dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi Pemanasan global. metode quasy experiment digunakan dalam penelitian ini, dengan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini adalah kelas yang diberi perlakuan model PBL mengalami peningkatan literasi sains yang lebih tinggi yaitu 0,46 dibandingkan dengan kelas yang diberi perlakuan model PjBL yaitu 0,41. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Saran peneliti untuk peneleitian selanjutnya adalah mengoptimalkan tahapan orientasi peserta didik pada sintaks model PBL dan setiap indikator literasi sains agar peserta didik lebih memahami konsep literasi sains.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PjBL; PBL; Literasi Sains; Padlet; Pemanasan Global
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Jamilah Nur Asyiah
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:58
Last Modified: 02 Sep 2024 02:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94304

Actions (login required)

View Item View Item