Asyiah, Jamilah Nur (2024) Perbandingan literasi sains peserta didik antara yang menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning pada Materi Pemanasan Global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
Abstract
Peringkat literasi sains peserta didik di Indonesia menurut survei PISA tahun 2022 adalah 67 dari 79 negara. Berdasarkan hasil studi lapangan rata-rata literasi sains peserta didik dengan persentase 56,67% berada pada kategori rendah. Salah satu penyebab rendahnya literasi sains pada peserta didik yaitu kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang berdampak pada rendahnya kemampuan peserta didik untuk menjelaskan fenomena secara ilmiah, menyelidiki kasus secara ilmiah dan menafsirkan suatu data secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan membandingkan model pembelajaran mana yang lebih tepat dalam meningkatkan literasi sains antara model Project Based Learning (PjBL) dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi Pemanasan global. metode quasy experiment digunakan dalam penelitian ini, dengan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini adalah kelas yang diberi perlakuan model PBL mengalami peningkatan literasi sains yang lebih tinggi yaitu 0,46 dibandingkan dengan kelas yang diberi perlakuan model PjBL yaitu 0,41. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Saran peneliti untuk peneleitian selanjutnya adalah mengoptimalkan tahapan orientasi peserta didik pada sintaks model PBL dan setiap indikator literasi sains agar peserta didik lebih memahami konsep literasi sains.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL; PBL; Literasi Sains; Padlet; Pemanasan Global |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Jamilah Nur Asyiah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:58 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94304 |
Actions (login required)
View Item |