Penggunaan media Powerpoint interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi eksperiment pada peserta didik kelas XI SMK Gema Nusantara 5 Kabupaten Bandung Barat

Rismayanti, Erina (2024) Penggunaan media Powerpoint interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi eksperiment pada peserta didik kelas XI SMK Gema Nusantara 5 Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran unggulan di SMK Gema Nusantara 5 Bandung Barat yang sering digunakan adalah media audiovisual, telah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga menjadikan sekolah ini menjadi sekolah unggulan. Namun, penggunaan yang terus-menerus dapat menyebabkan kebosanan. Untuk mencegah hal ini, peneliti mengembangkan variasi media lain yang setara dengan media audiovisual. Salah satu alternatif yang diterapkan adalah media powerpoint interaktif. Media PPT interaktif ini merupakan media pembelajaran yang mencakup kegiatan seperti pertanyaan dan jawaban interaktif, menu hyperlink, simulasi/demonstrasi dengan animasi, video atau elemen interaktif lainnya, permainan edukatif, animasi, dan sesi tanya jawab interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan media powerpoint interaktif pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMK Gema Nusantara 5 Kabupaten Bandung Barat. 2) Mengetahui motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMK Gema Nusantara 5 Kabupaten Bandung Barat. 3) Mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah penerapan media powerpoint interaktif pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMK Gema Nusantara 5 Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini didasarkan atas dasar teori bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif yang baik akan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Gema Nusantara 5, berjumlah 47 peserta didik, terbagi menjadi 24 peserta didik kelas eksperimen dan 23 peserta didik kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran menggunakan media powerpoint interaktif berjalan lancar dengan peningkatan antusiasme peserta didik, terlihat dari peningkatan lembar observasi dari 74,7% pada pertemuan pertama menjadi 94,6% pada pertemuan kedua. 2) Motivasi belajar peserta didik dari hasil angket menunjukkan 5 indikator berada pada skala penilaian 3,43-4,00 (kategori tinggi) dan satu indikator pada skala 2,62-3,42 (kategori sedang). 3) Peningkatan motivasi belajar dari hasil anget menunjukkan 6 indikator berada di skala 3,34-4,00 (kategori tinggi) peningkatan ini juga dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas eksperimen meningkat dari nilai pretest 41,04 menjadi 86,25 pada posttest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Peserta Didik; Media Pembelajaran;
Subjects: Knowledge
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erina Rismayanti Rismayanti
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:55
Last Modified: 28 Aug 2024 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94331

Actions (login required)

View Item View Item