Andini, Hamidah Charisa (2024) Nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam buku Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan globalisasi yang menghadapkan masyarakat pada berbagai tantangan yang mempengaruhi nilai-nilai dan gaya hidup mereka. Dampaknya adalah peningkatan konsumtivisme yang didorong oleh perkembangan teknologi dan media sosial. Berbanding terbalik dengan pola hidup konsumtif, gaya hidup minimalis menawarkan alternatif hidup yang lebih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep hidup minimalis menurut Francine Jay. 2) Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam buku Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay. 3) Mengetahui relevansi nilai karakter Islami dalam buku Seni Hidup Minimalis terhadap pendidikan masa kini. Penelitian ini berangkat dari kebutuhan untuk menginternalisasi nilai-nilai pendidikan karakter Islami yang terkandung dalam buku Seni Hidup Minimalis dan bagaimana nilai-nilai tersebut memiliki relevansi dengan pendidikan masa kini. Buku Seni Hidup Minimalis yang ditulis oleh Francine Jay merupakan salah satu literatur yang mengenalkan nilai-nilai minimalisme sebagai solusi untuk menghadapi berbagai tekanan hidup modern. Buku ini mengajarkan pembacanya untuk menghargai kesederhanaan, mengurangi ketergantungan pada materi, dan fokus pada aspek-aspek kehidupan yang lebih bermakna. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian kepustakaan atau library research, menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan penelusuran data online. Teknik analisis data menggunakan analisis isi atau content analysis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Konsep hidup minimalis menurut Francine Jay tidak jauh berbeda dari konsep qanā‘ah dalam Islam. 2) Nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam Buku Seni Hidup Minimalis ada lima, yakni qanā‘ah, syukur, ikhlas, tanggung jawab, dan peduli lingkungan. 3) Nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam buku Seni Hidup Minimalis memiliki relevansi terhadap pendidikan masa kini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai; Pendidikan Karakter Islami; Buku Seni Hidup Minimalis |
Subjects: | Library and Information Sciences > Library Research Islam > Islamic Religious Education Education Education > Ethical Education Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hamidah Charisa Andini |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:51 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94356 |
Available Versions of this Item
-
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Islami dalam Buku Seni Hidup Minimalis Karya Francine Jay. (deposited UNSPECIFIED)
- Nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam buku Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay. (deposited 28 Aug 2024 01:51) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |