Khoerunisa, Salma Alifianti (2024) Penerapan model cooperative type Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP: Penelitian pada siswa Kelas X di SMA Negeri 15 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) dalam mengembangkan nilai-nilai Islam di kalangan siswa. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa dari 31 siswa, dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 75, rata-rata nilai mencapai 73,4. Ini menunjukkan masih terdapat sejumlah siswa yang belum mencapai KKTP. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Cooperative type Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan hasil belajar PAI-BP pada kelas X di SMA Negeri 15 Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Realitas penerapan model Course Review Horay dalam pembelajaran PAI-BP, dan (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Course Review Horay. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa penerapan model CRH tidak hanya efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa, tetapi juga menciptakan atmosfer kompetitif yang sehat, menjadikan kelas lebih dinamis, dan memacu motivasi belajar sehingga berdampak positif pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Cooperative type Course Review Horay dalam pembelajaran PAI-BP pada siswa kelas X di SMA Negeri 15 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X di SMA Negeri 15 Kota Bandung: kelas eksperimen yang menggunakan model Course Review Horay dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model Course Review Horay. Analisis data dilakukan menggunakan uji-T untuk menentukan perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa di kedua kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model Cooperative type Course Review Horay (CRH) berhasil diterapkan dengan baik dalam pembelajaran PAI-BP. Hasil observasi menunjukkan aktivitas guru mencapai rata-rata 82,3% (Sangat Baik) dan aktivitas siswa mencapai rata-rata 70,8% (Baik). (2) Terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Course Review Horay. Pada kelas kontrol nilai rata-rata siswa naik dari 47,66 (pre-test) menjadi 72,19 (post-test), sementara pada kelas eksperimen, nilai rata-rata siswa naik dari 53,87 (pre-test) menjadi 84,84 (post-test). Hasil Uji N-Gain kelas eksperimen memiliki rata-rata 68,09%, menunjukan peningkatan hasil belajar dengan interpretasi sedang. Uji Independent Sample T-Test juga mengungkapkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Course Review Horay (CRH); Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP). |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Salma Alifianti Khoerunisa |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 06:48 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 06:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94360 |
Actions (login required)
View Item |