Majidah, Hana Rizki (2024) Peningkatan model SSIBL terhadap literasi lingkungan peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
Abstract
Literasi lingkungan adalah kemampuan untuk memahami dan menganalisis masalah lingkungan, dan membuat solusi untuk masalah tersebut. Literasi lingkungan telah diakui sebagai komponen penting dalam sistem pendidikan Indonesia, sehingga telah mulai disertakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penggunaan model pembelajaran SSIBL terhadap literasi lingkungan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan non-equivalent control group design. Sampel penelitian yang dipilih yaitu dua kelas dan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model SSIBL memperoleh nilai persentase 95% sangat baik pada aktivitas guru dan 96% sangat baik pada aktivitas peserta didik kemudian pada kelas tanpa menggunakan model SSIBL memperoleh nilai persentase sebesar 93% sangat baik pada aktivitas guru dan 90% sangat baik pada aktivitas peserta didik. Peningkatan literasi lingkungan kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,71 (tinggi) dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0.56 (sedang). Kemudian diperoleh hasil uji Mann-Whitney dengan nilai 0,00 < 0,05 H0 ditolak H1 diterima. Hasil respon peserta didik menunjukkan hasil positif dan baik dibuktikan dengan persentase kelas eksperimen 73% baik dan kelas kontrol persentase 69% baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari penggunaan model SSIBL terhadap literasi lingkungan pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Lingkungan; Perubahan Lingkungan; SSIBL |
Subjects: | Natural Science Environmental Protection Engineering Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Hana Rizki Majidah |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:02 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94605 |
Actions (login required)
View Item |