Peningkatan model SSIBL terhadap literasi lingkungan peserta didik pada materi perubahan lingkungan

Majidah, Hana Rizki (2024) Peningkatan model SSIBL terhadap literasi lingkungan peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Literasi lingkungan adalah kemampuan untuk memahami dan menganalisis masalah lingkungan, dan membuat solusi untuk masalah tersebut. Literasi lingkungan telah diakui sebagai komponen penting dalam sistem pendidikan Indonesia, sehingga telah mulai disertakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penggunaan model pembelajaran SSIBL terhadap literasi lingkungan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan non-equivalent control group design. Sampel penelitian yang dipilih yaitu dua kelas dan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model SSIBL memperoleh nilai persentase 95% sangat baik pada aktivitas guru dan 96% sangat baik pada aktivitas peserta didik kemudian pada kelas tanpa menggunakan model SSIBL memperoleh nilai persentase sebesar 93% sangat baik pada aktivitas guru dan 90% sangat baik pada aktivitas peserta didik. Peningkatan literasi lingkungan kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,71 (tinggi) dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0.56 (sedang). Kemudian diperoleh hasil uji Mann-Whitney dengan nilai 0,00 < 0,05 H0 ditolak H1 diterima. Hasil respon peserta didik menunjukkan hasil positif dan baik dibuktikan dengan persentase kelas eksperimen 73% baik dan kelas kontrol persentase 69% baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari penggunaan model SSIBL terhadap literasi lingkungan pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Lingkungan; Perubahan Lingkungan; SSIBL
Subjects: Natural Science
Environmental Protection Engineering
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hana Rizki Majidah
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:02
Last Modified: 29 Aug 2024 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94605

Actions (login required)

View Item View Item