Pembelajaran sistem ekskresi melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantu Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Anggraeni, Rindi (2024) Pembelajaran sistem ekskresi melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantu Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media pembelajaran saat ini masih sederhana. Adanya alternatif media pembelajaran yang efektif dibutuhkan dalam pemberian materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media LKPD berbantu Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian tipe non-equivalent control group design. Data penelitian diperoleh melalui hasil tes soal pilihan ganda pada masing-masing kelompok untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan software SPSS 25 untuk melakukan pengujian normalitas, homogenitas, hipotesis, serta N-Gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran sistem ekskresi melalui media LKPD berbantu AR. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai Post-test siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai Pre-test. Nilai rata-rata siswa kelompok eksperimen pada saat Pre-test sebesar 32,41 dan pada saat Post-test sebesar 58,52. Selain itu, dengan menggunakan Uji Mann Whitney U diperoleh nilai Sig. (2-tailed) (0,000) yang berarti lebih kecil dibandingkan taraf signifikan (0,05). Data penelitian juga diperkuat dengan perolehan nilai Effect size sebesar 1,25 yang berada pada kategori berpengaruh “tinggi”. Berdasarkan hal ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sistem ekskresi melalui media LKPD berbantu AR berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality; LKPD; Sistem Ekskresi
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rindi Anggraeni
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:17
Last Modified: 29 Aug 2024 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94635

Actions (login required)

View Item View Item