Tinajuan hukum ekonomi syari'ah terhadap Repacking pada produk MLM Tiens Syari'ah Di Bandung

Fidaus, Muhamad Zidan (2024) Tinajuan hukum ekonomi syari'ah terhadap Repacking pada produk MLM Tiens Syari'ah Di Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ DAFTRA PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Repacking adalah merupakan proses mengemas ulang suatu produk dengan kuantitas dan kualitas tertentu menjadi ukuran-ukuran kecil, biasanya dalam takaran yang bervariasi mulai dari gram/kilogram atau yang lainnya, dengan maksud supaya harga jualnya terjangkau bagi konsumen yang tidak merasa perlu membeli dalam jumlah banyak. Repacking telah diatur dalam fatwa No: 44/DSN-MUI/2020 tentang Penggunaan Nama, Bentuk dan Kemasan Produk Yang Tidak Dapat Disertifikasi Halal dengan tujuan agar distributor Tiens melakukan pengemasan ulang sesuai dengan ketentuan Syariah. Namun sebetulnya proses repacking produk tidak diizinkan oleh perusahaan Tiens. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mekanisme repacking pada produk Tiens Syari’ah di Bandung dan untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap repacking produk bisnis MLM Tiens Syariah di Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis mempelajari, menganalisis, mendalami, dan menelaah kegiatan yang terjadi dilapangan secara alami. Jenis data yang digunakan penulis pada penelitian ini merupakan jenis data kualitatif. Sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan literatur lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme repacking produk yang dilakukan oleh distributor Tiens Syariah di Bandung tidak sesuai dengan Dasar Hukum Fatwa No: 44/DSN-MUI/2020 tentang Penggunaan Nama, Bentuk dan Kemasan Produk Yang Tidak Dapat Disertifikasi Halal. Pelaksanaan yang dilakukan distributor bertentangan dengan ketentuan Syariah dan perusahaan seperti produk yang dioplos dan dikemas ulang, menetapkan harga yang berlebihan sehingga tidak sesuai dengan manfaat yang diperoleh, melakukan repacking tanpa adanya izin dari perusahaan dan tidak melakukan disertifikasi halal produk yang telah dikemas ulang. Pandangan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap repacking pada produk Tiens Syariah adalah tidak boleh dilakukan karena tidak sesuai dengan ketentuan Syariah dan Perusahaan. Ketentuan-ketentuan tersebut telah sesuai dengan Fatwa No: 44/DSN-MUI/2020, BPOM No. 22 Tahun 2018 dan Ketentuan Perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Repacking; Fatwa No: 44/DSN-MUI/2020; Badan Pengawas Obat dan Makanan No; 22 Tahun 2018; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Zidan Muhamad Firdaus
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:05
Last Modified: 30 Aug 2024 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94690

Actions (login required)

View Item View Item