Pengaruh penerapan kurikulum kulliyyatul mu’alimin al-islamiyah terhadap pembentukkan akhlak peserta didik: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Nurussalam

Nafisha, Fida Rifqi (2024) Pengaruh penerapan kurikulum kulliyyatul mu’alimin al-islamiyah terhadap pembentukkan akhlak peserta didik: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Nurussalam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Pembentukkan akhlak dan kurikulum dalam lembaga pendidikan Islam saling berkaitan. Kurikulum secara umum berfungsi sebagai alat untuk membantu peserta didik mencapai tujuan akademik dan mengembangkan kepribadian peserta didik. Tujuan pembentukan akhlak di sekolah adalah untuk menanamkan nilai-nilai luhur. Kurikulum kulliyyatul mu'alimin al-islamiyah ialah suatu pendidikan yang menghasilkan pemimpin umat, serta pusat ilmu keagamaan dan umum yang seimbang. Kurikulum ini menekankan pendidikan karakter peserta didik dan berfokus pada kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum kulliyatul mu’allimin al-islamiyah di Pondok Pesantren Modern Nurussalam, 2) Untuk mengetahui pembentukan akhlak peserta didik di Pondok Pesantren Modern Nurussalam, 3) Untuk menganalisis pengaruh kurikulum kulliyatul mu’allimin al-islamiyah terhadap pembentukan akhlak peserta didik di Pondok Pesantren Modern Nurussalam. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang menggunakan teknik deskriptif verifikatif. Penelitian ini mengumpulkan 50 tenaga pendidik dari Pondok Pesantren Modern nurussalam. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang menggunakan pengukuran skala likert. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan SPSS 27 dan menggunakan Analisis Instrumen (Uji Validitas dan Reliabilitas), Analisis Parsial Perindikator, Analisis Asumsi (Uji Normalitas dan Linearitas), Analisis Analisis Regresi; Uji T, Uji F, dan Uji Koefisisen Determinasi. Berdasarkan hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa penerapan kurikulum kulliyyyatul mu'alimin al-Islamiyah (X) termasuk dalam kategori "Sangat Tinggi", yaitu 4,31, karena berada dalam rentang 4,20–5,00. Pembentukan akhlak juga termasuk dalam kategori "Sangat Tinggi", yaitu 4,48 karena berada dalam rentang 4,20–5,00. Berdasarkan hasil uji signifikansi statistik uji-t sebesar 0,001 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau memiliki pengaruh secara parsial di antara kurikulum kulliyatul mu'allimin al-Islamiyah (X) dan pembentukkan akhlak (Y). Ini dibuktikan dengan koefisien determinasi sebesar 0,510, yang menunjukkan bahwa kurikulum kulliyatul mu'allimin al-Islamiyah mempengaruhi pembentukkan akhlak sebesar 51%, dan sisanya sebesar 49% dipengaruhi oleh faktor lain diluar jangkauan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Kulliyyatul Mu’alimin Al-Islamiyah; Pembentukkan Akhlak; Penerapan Kurikulum
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Curricula
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fida Rifqi Nafisha
Date Deposited: 30 Aug 2024 05:58
Last Modified: 30 Aug 2024 05:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94809

Actions (login required)

View Item View Item