Penerapan pembelajaran materi titrasi asam basa menggunakan aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa

Samiyah, Ilma Salma (2024) Penerapan pembelajaran materi titrasi asam basa menggunakan aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan pada Edpuzzle, menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif, dan mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Subyek penelitian ini merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada mata kuliah Kimia Dasar II dengan jumlah 22 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah pertanyaan yang terdapat dalam Edpuzzle, perangkat tes kognitif, dan lembar angket. Hasil belajar kognitif mahasiswa jika dilihat secara keseluruhan mengalami kenaikan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Nilai N-Gain jika dilihat dari jenjang kognitif C1 (mengingat) nilai rata-ratanya sebesar 0,89 dengan kategori tinggi. Pada jenjang kognitif C2 (memahami) nilai rata-ratanya sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Pada jenjang kognitif C3 (mengaplikasikan) nilai rata-ratanya sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang diberikan sebesar 60% yang menyatakan sangat setuju dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan aplikasi Edpuzzle pada materi titrasi asam basa dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Edpuzzle; Hasil belajar kognitif; titrasi asam basa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ilma Salma Samiyah
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:49
Last Modified: 30 Aug 2024 04:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94815

Actions (login required)

View Item View Item