Dimensi psiko-didaktik ragam pembuka dan penutup surah Al-Qurán dan implementasinya dalam pembelajaran PAI di Madrasah: Penelitian di MA Al Huda dan MA Persis 3 Pameungpeuk Bandung

Solehudin, Deni (2024) Dimensi psiko-didaktik ragam pembuka dan penutup surah Al-Qurán dan implementasinya dalam pembelajaran PAI di Madrasah: Penelitian di MA Al Huda dan MA Persis 3 Pameungpeuk Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. cover (2).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3. BAB I .pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang kompleks dan dinamis yang bertujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter dan berpengetahuan luas. Dalam proses pendidikan, guru memiliki peran sentral dalam membimbing dan mengantarkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran adalah keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran. Namun, guru PAI sering kali cenderung monoton dan tidak variasi dalam melakukan pembuka dan penutup pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis klasifikasi, dimensi psiko-didaktik, keterampilan, dan implementasi ragam pembuka dan penutup pembelajaran PAI di MA Al Huda dan MA Persis 3 Pameungpeuk Bandung. Kerangka pemikiran penelitian ini berlandaskan pada teori Psikologi Pendidikan dan teori pembelajaran holistik serta teori conditioning sebagai landasan untuk merancang pembelajaran yang komprehensip. Pembelajaran psiko-didaktik menjadi acuan dalam mengimplementasikan dimensi psiko-didaktik ragam pembuka dan penutup surah Al-Qur'an dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, (1) Klasifikasi ragam pembuka dan penutup Surat Al-Qur’an ditemukan 10 klasifikasi ragam pembuka dan penutup surah al-Quran. Dari 10 macam klasifikasi tersebut ditemukan keterampilan pembuka pelajaran yaitu diawali dengan pujian, berita, pertanyaan, perintah, rumus/singkatan, pendekatan penguatan kontekstual, panggilan, dan doa. Dan keterampilan penutup pelajaran yaitu ditutup dengan doa, pujian, wasiyat, motivasi, perintah, nasihat, penghormatan dan pengagungan, reward and punishment, hiburan dan penyemangat, kisah, cerita dan berita, pertanyaan dan penguatan. (2) Dimensi psiko-didaktik dalam ragam pembuka dan penutup surah Al-Quran dapat diterapkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. (3) Keterampilan membuka dan menutup Surah Al-Qur’an dalam pembelajaran ditemukannya prinsip-prinsip umum keterampilan pembuka dan keterampilan penutup pelajaran (4) Implementasi dimensi psiko-didaktik dalam ragam keterampilan pembuka dan penutup pembelajaran PAI di Madrasah yaitu: menunjukkan hasil yang positif, dan meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti pelajaran, membantu siswa memahami materi pelajaran dengan mudah, dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Dimensi psiko-didaktik; pembuka dan penutup surah Al-Quran; Pembelajaran PAI
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Deni Solehudin
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:31
Last Modified: 02 Sep 2024 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95058

Actions (login required)

View Item View Item