Leisubun, Fransisca (2024) Pengaruh model SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan bagian dari kecakapan abad 21, namun berdasarkan hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa masih tergolong belum optimal. Bentuk upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, salah satunya adalah model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanan aktivitas guru dan siswa menggunakan model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall memiliki kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen diperoleh N-Gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Hasil uji t’ menunjukkan Sig 0,025 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan bepikir kritis pada materi ekosistem, namun hasil perhitungan uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,128. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran model SQ3R berbantu Wordwall memperoleh kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; SQ3R; Wordwall; Ekosistem |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Fransisca Leisubun |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:44 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95107 |
Actions (login required)
View Item |