Pengaruh model SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem

Leisubun, Fransisca (2024) Pengaruh model SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan bagian dari kecakapan abad 21, namun berdasarkan hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa masih tergolong belum optimal. Bentuk upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, salah satunya adalah model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanan aktivitas guru dan siswa menggunakan model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall memiliki kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen diperoleh N-Gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Hasil uji t’ menunjukkan Sig 0,025 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan bepikir kritis pada materi ekosistem, namun hasil perhitungan uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,128. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran model SQ3R berbantu Wordwall memperoleh kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran SQ3R berbantu Wordwall terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; SQ3R; Wordwall; Ekosistem
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fransisca Leisubun
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:44
Last Modified: 02 Sep 2024 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95107

Actions (login required)

View Item View Item