Humaira, Resha Hanaghani (2024) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Mayones dari Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus) untuk mengembangkan keterampilan proses Sains. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
RESHA_COVER.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
RESHA_SKRIPSI ABSTRAK.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
RESHA_SKRIPSI DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
RESHA_SKRIPSI BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
RESHA_SKRIPSI BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text (BAB III)
RESHA_SKRIPSI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (BAB IV)
RESHA_SKRIPSI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
RESHA_SKRIPSI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
RESHA_SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
Abstract
Keterampilan proses sains yang berorientasi dalam pembelajaran berbasis proyek diyakini dapat membuat peserta didik mampu mengeksplorasi dan menguasai serangkaian kegiatan guna membangun pemahaman akan konsep sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, kemampuan siswa dalam mengisi lembar kerja berbasis proyek dan menganalisis keterampilan proses sains siswa dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan mayones dari biji nangka (Artocarpus heterophyllus). Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one shoot case study. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa XI MIPA 2 SMA pada mata pelajaran kimia yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar aktivitas, lembar kerja berbasis proyek, lembar penilaian kinerja, laporan praktikum, produk, presentasi, dan rubrik penilaian yang sesuai dengan lembar penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata aktivitas perserta didik pada penerapan lembar kerja berbasis proyek yaitu 87 dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kemampuan siswa dalam mengisi lembar kerja berbasis proyek yaitu 90 dengan interpretasi sangat baik. Pada keterampilan proses sains yang diperoleh nilai rata-rata yaitu 89 dengan interpretasi sangat baik. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan mayones dari biji nangka mampu mengembangkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biji nangka; keterampilan proses sains; mayones; pembelajaran berbasis proyek; |
Subjects: | Procedures, Equipment of Chemistry Analytical Chemistry Organic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Resha Hanaghani Humaira |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:58 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95113 |
Actions (login required)
View Item |