Penggunaan model pembelajaran Window Shopping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung

Nazla, Fatihah Nurfauziyah (2024) Penggunaan model pembelajaran Window Shopping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung, mengenai mayoritas hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang belum mencapai nilai KKM. Kemampuan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan memperbaiki model pembelajaran. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Window Shopping di Kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan Model Window Shopping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Mekar Arum. 2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan model Window Shopping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Mekar Arum. 3) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model Window Shopping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa model pembelajaran Window Shopping memberikan kontribusi lebih tinggi terhadap hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran lainnya. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Window Shopping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design, dengan sampel penelitian berjumlah 80 siswa kelas XI SMA Mekar Arum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Model Window Shopping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Mekar Arum. 2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan model Window Shopping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Mekar Arum. 3) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model Window Shopping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Independent Sample t-Test atau uji T yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dari hasil tersebut maka dapat diambil simpulan bahwa hipotesis (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Dengan demikian model pembelajaran Window Shopping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Window Shopping; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment
Conscious Mental Process and Intelligence > Intelligence and Aptitudes
Education
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nazla Fatihah
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:58
Last Modified: 03 Sep 2024 03:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95134

Actions (login required)

View Item View Item