Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Ektrakurikukler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Hadian, Dhandy Bhima Shakty (2024) Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Ektrakurikukler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung, meskipun siswa mengikuti pendidikan agama Islam di kelas, terdapat fenomena di mana perilaku atau akhlak siswa di luar kelas belum sepenuhnya mencerminkan nilai-nilai PAI yang diajarkan. Kegiatan ekstrakurikuler seperti Hizbul Wathan, yang memiliki dasar dan tujuan pembinaan karakter berbasis nilai-nilai Islam, menjadi penting untuk diteliti sebagai salah satu sarana integrasi nilai-nilai PAI dalam kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Untuk itu diperlukan juga memahami : (1) dasar dan tujuan pembentukan Hizbul Wathan di sekolah tersebut, (2) proses pelaksanaan kegiatan Hizbul Wathan, (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan, serta (4) integrasi nilai-nilai PAI dalam materi, kegiatan, dan identitas Hizbul Wathan. Kerangka berpikir penelitian ini berfokus pada pemahaman mendalam mengenai bagaimana nilai-nilai agama diintegrasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengeksplorasi cara-cara Hizbul Wathan sebagai platform pendidikan non-formal menerapkan nilai-nilai PAI dalam berbagai aspek kegiatan dan materi ajar. Teori integrasi menjawab dikotomi ilmu dimana ilmu agama dianggap tidak dapat bergabung dengan ilmu umum. Teori ini digambarkan seperti jaring laba-laba yang menghubungkan antara pusat dengan cabang-cabang disekitarnya, yang membuktikan bahwa ilmu agama dapat bersanding dengan ilmu umum lainnya. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Dalam konteks penelitian ini, peneliti terlibat secara aktif dalam kegiatan Hizbul Wathan, melakukan observasi partisipan untuk mengamati interaksi dan proses pelaksanaan kegiatan. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang bagaimana nilai-nilai PAI diimplementasikan dan dampaknya terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan utama pembentukan Hizbul Wathan adalah sebagai pelaksanaan amanat Muhammadiyah untuk menanamkan nilai-nilai Islam, membentuk karakter siswa, serta mendukung visi misi sekolah. Kegiatan rutin Hizbul Wathan meliputi latihan kepanduan mingguan dan tahunan yang disusun untuk mengintegrasikan nilai-nilai PAI, seperti akidah, ibadah, dan akhlak, dalam kehidupan sehari-hari siswa. Nilai-nilai PAI diintegrsikan pada materi dan kegiatan, seperti materi sholat, bersuci, serta ilmu tauhid yang diberikan pada kegiatan berupa tadabur alam. Faktor pendukung yang signifikan meliputi dukungan dari pihak sekolah dan orang tua, sedangkan tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan fasilitas dan sumber daya. ABSTRACT Dhandy Bhima Shakty Hadian : Integration of Islamic Education Values in Hizbul Wathan Extracurricular at Senior High School Muhammadiyah 4 Bandung City This research is based on the phenomenon observed at SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung, where despite students receiving Islamic religious education in class, their behavior or morals outside the classroom do not fully reflect the values taught in PAI (Pendidikan Agama Islam). Extracurricular activities such as Hizbul Wathan, which has a foundation and goal of character development based on Islamic values, are important to study as a means of integrating PAI values into students' daily lives. This study aims to examine the integration of Islamic Religious Education values in the extracurricular activities of Hizbul Wathan at SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. The research also seeks to understand: (1) the foundational principles and objectives of establishing Hizbul Wathan in the school, (2) the process of conducting Hizbul Wathan activities, (3) the supporting and inhibiting factors of these activities, and (4) the integration of PAI values into the content, activities, and identity of Hizbul Wathan. The research framework focuses on a deep understanding of how religious values are integrated into extracurricular activities through a qualitative approach. This study explores the ways in which Hizbul Wathan, as a non-formal educational platform, implements PAI values in various aspects of its activities and identity. The goal is to gain comprehensive insights into the impact of extracurricular activities on instilling religious values in students. This study uses an ethnographic method with a qualitative approach to explore the integration of Islamic Religious Education (PAI) values in the extracurricular activities of Hizbul Wathan at SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. In this context, the researcher actively participated in Hizbul Wathan activities, conducting participant observation to observe interactions and the implementation process. Data collected through observation and interviews were analyzed qualitatively to gain a thorough understanding of how PAI values are implemented and their impact on students. The findings show that the primary purpose of establishing Hizbul Wathan is to fulfill the mandate of Muhammadiyah to instill Islamic values, shape students' character, and support the school's vision and mission. The routine activities of Hizbul Wathan include weekly and annual scouting training designed to integrate PAI values, such as faith, worship, and morals, into students' daily lives. PAI values are integrated into the content and activities, such as lessons on prayer, purification, and the science of monotheism, delivered during activities like nature contemplation (tadabbur alam). Significant supporting factors include support from the school and parents, while challenges faced include limited facilities and resources.   ٱلْمُلَخَّصُ دَنْدِي بِيمَا سَاكْتِي هَاديَانْ : دَمْجُ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ فِي ٱلْأَنْشِطَةِ ٱللَّاصَفِّيَّةِ لِحِزْبِ ٱلْوَطَنِ فِي ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلثَّانَوِيَّةِ ٱلْمُحَمَّدِيَّةِ ٱلرَّابِعَةِ بِمَدِينَةِ بَانْدُونْغَ . يَنْطَلِقُ هَذَا ٱلْبَحْثُ مِنْ ظَاهِرَةٍ فِي ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلثَّانَوِيَّةِ ٱلْمُحَمَّدِيَّةِ ٱلرَّابِعَةِ بِمَدِينَةِ بَانْدُونْغَ عَلَى ٱلرَّغْمِ مِنْ أَنَّ ٱلطُّلَّابَ يَتَلَقَّوْنَ ٱلتَّعْلِيمَ ٱلْإِسْلَامِيَّ فِي ٱلْفُصُولِ ٱلدِّرَاسِيَّةِ إِلَّا أَنَّ هُنَاكَ ظَاهِرَةً تَدُلُّ عَلَى أَنَّ سُلُوكَ ٱلطُّلَّابِ خَارِجَ ٱلْفُصُولِ لَا يَعْكِسُ تَمَامًا قِيَمَ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ ٱلَّتِي تَمَّ تَدْرِيسُهَا. لِذَلِكَ تُصْبِحُ ٱلْأَنْشِطَةُ ٱللَّاصَفِّيَّةُ مِثْلَ حِزْبِ ٱلْوَطَنِ ٱلَّذِي يَسْتَنِدُ إِلَى قِيَمٍ وَأَهْدَافٍ لِبِنَاءِ ٱلشَّخْصِيَّةِ ٱلْمُسْتَنِدَةِ إِلَى ٱلْقِيَمِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ مُهِمَّةً لِيَتِمَّ دِرَاسَتُهَا كَأَحَدِ وَسَائِلِ دَمْجِ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ فِي حَيَاةِ ٱلطُّلَّابِ ٱلْيَوْمِيَّةِ . يَهْدِفُ هَذَا ٱلْبَحْثُ إِلَى دِرَاسَةِ دَمْجِ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ فِي ٱلْأَنْشِطَةِ ٱللَّاصَفِّيَّةِ لِحِزْبِ ٱلْوَطَنِ فِي ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلثَّانَوِيَّةِ ٱلْمُحَمَّدِيَّةِ ٱلرَّابِعَةِ بِمَدِينَةِ بَانْدُونْغَ. وَلِتَحْقِيقِ ذَلِكَ مِنَ ٱلضَّرُورِيِّ فَهْمُ: (١) أَسَاسِ وَأَهْدَافِ تَشْكِيلِ حِزْبِ ٱلْوَطَنِ فِي تِلْكَ ٱلْمَدْرَسَةِ (٢) عَمَلِيَّةِ تَنْفِيذِ أَنْشِطَةِ حِزْبِ ٱلْوَطَنِ (٣) ٱلْعَوَامِلِ ٱلدَّاعِمَةِ وَٱلْمُعَوِّقَةِ لِتَنْفِيذِ ٱلْأَنْشِطَةِ وَ(٤) دَمْجِ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ فِي ٱلْمَوَادِّ وَٱلْأَنْشِطَةِ وَهُوِيَّةِ حِزْبِ ٱلْوَطَنِ . يَرْكِزُ إِطَارُ ٱلتَّفْكِيرِ فِي هَذَا ٱلْبَحْثِ عَلَى فَهْمٍ عَمِيقٍ لِكَيْفِيَّةِ دَمْجِ ٱلْقِيَمِ ٱلدِّينِيَّةِ فِي ٱلْأَنْشِطَةِ ٱللَّاصَفِّيَّةِ مِنْ خِلَالِ نَهْجٍ نَوْعِيٍّ. يَسْتَكْشِفُ هَذَا ٱلْبَحْثُ ٱلطُّرُقَ ٱلَّتِي يَقُومُ بِهَا حِزْبُ ٱلْوَطَنِ كَمِنَصَّةٍ تَعْلِيمِيَّةٍ غَيْرِ رَسْمِيَّةٍ بِتَنْفِيذِ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ فِي مُخْتَلِفِ جَوَانِبِ أَنْشِطَتِهِ وَهُوِيَّتِهِ. ٱلْهَدَفُ هُوَ ٱلْحُصُولُ عَلَى رُؤًى شَامِلَةٍ حَوْلَ تَأْثِيرِ ٱلْأَنْشِطَةِ ٱللَّاصَفِّيَّةِ عَلَى غَرْسِ ٱلْقِيَمِ ٱلدِّينِيَّةِ لَدَى ٱلطُّلَّابِ . يَسْتَخْدِمُ هَذَا ٱلْبَحْثُ مَنْهَجَ ٱلْإِثْنُوغْرَافِيَا مَعَ نَهْجٍ نَوْعِيٍّ لِٱسْتِكْشَافِ دَمْجِ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ فِي ٱلْأَنْشِطَةِ ٱللَّاصَفِّيَّةِ لِحِزْبِ ٱلْوَطَنِ فِي ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلثَّانَوِيَّةِ ٱلْمُحَمَّدِيَّةِ ٱلرَّابِعَةِ بِمَدِينَةِ بَانْدُونْغَ . فِي سِيَاقِ هَذَا ٱلْبَحْثِ يُشَارِكُ ٱلْبَاحِثُ بِشَكْلٍ فَعَّالٍ فِي أَنْشِطَةِ حِزْبِ ٱلْوَطَنِ وَيَقُومُ بِمُلَاحَظَةِ ٱلْمُشَارِكِينَ لِمُرَاقَبَةِ ٱلتَّفَاعُلَاتِ وَعَمَلِيَّةِ تَنْفِيذِ ٱلْأَنْشِطَةِ. تَمَّ تَحْلِيلُ ٱلْبَيَانَاتِ ٱلَّتِي تَمَّ جَمْعُهَا مِنْ خِلَالِ ٱلْمُلَاحَظَةِ وَٱلْمُقَابَلَاتِ نَوْعِيًّا لِٱلْحُصُولِ عَلَى فَهْمٍ شَامِلٍ لِكَيْ تَمَّ تَحْلِيلُ ٱلْبَيَانَاتِ ٱلَّتِي تَمَّ جَمْعُهَا مِنْ خِلَالِ ٱلْمُلَاحَظَةِ وَٱلْمُقَابَلَاتِ نَوْعِيًّا لِٱلْحُصُولِ عَلَى فَهْمٍ شَامِلٍ لِكَيْفِيَّةِ تَطْبِيقِ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ وَتَأْثِيرِهَا عَلَى ٱلطُّلَّابِ . تُظْهِرُ نَتَائِجُ ٱلدِّرَاسَةِ أَنَّ ٱلْهَدَفَ ٱلرَّئِيسِيَّ مِنْ تَشْكِيلِ حِزْبِ ٱلْوَطَنِ هُوَ تَنْفِيذُ وَصِيَّةِ مُحَمَّدِيَّةِ لِغَرْسِ قِيَمِ ٱلْإِسْلَامِ وَبِنَاءِ شَخْصِيَّةِ ٱلطُّلَّابِ وَدَعْمِ رُؤْيَةِ وَرِسَالَةِ ٱلْمَدْرَسَةِ. تَشْمَلُ ٱلأَنْشِطَةُ ٱلرُّوتِينِيَّةُ لِحِزْبِ ٱلْوَطَنِ تَدْرِيبَاتٍ كَشْفِيَّةٍ أُسْبُوعِيَّةٍ وَسَنَوِيَّةٍ تَمَّ تَنْظِيمُهَا لِدَمْجِ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ مِثْلَ ٱلْعَقِيدَةِ وَٱلْعِبَادَةِ وَٱلْأَخْلَاقِ فِي حَيَاةِ ٱلطُّلَّابِ ٱلْيَوْمِيَّةِ. تَمَّ دَمْجُ قِيَمِ ٱلتَّرْبِيَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ فِي ٱلْمَوَادِّ وَٱلأَنْشِطَةِ مِثْلَ مَوَادِّ ٱلصَّلَاةِ وَٱلطَّهَارَةِ وَعِلْمِ ٱلتَّوْحِيدِ ٱلَّتِي تَمَّ تَقْدِيمُهَا فِي أَنْشِطَةٍ مِثْلَ تَدَبُّرِ ٱلطَّبِيعَةِ. تَشْمَلُ ٱلْعَوَامِلُ ٱلدَّاعِمَةُ ٱلْبَارِزَةُ دَعْمَ ٱلْمَدْرَسَةِ وَٱلْأَهَالِي بَيْنَمَا تَشْمَلُ ٱلتَّحَدِّيَاتُ ٱلَّتِي تَمَّ مُوَاجَهَتُهَا نَقْصَ ٱلْمَرَافِقِ وَٱلْمَوَارِدِ .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Integrasi; Nilai-nilai PAI; Hizbul Wathan; Pramuka; Muhammadiyah.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhandy Bhima Shakty Hadian
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:47
Last Modified: 03 Sep 2024 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95332

Actions (login required)

View Item View Item