Purwanti, Asri (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jasa Marketer pada jual beli Merchandise K-Pop di aplikasi X. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (599kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini secara umum bahwa jasa marketer termasuk ke dalam akad ijarah al-a’mal. Praktik yang dilakukan melibatkan jasa marketer dan pengguna jasa yang ingin menggunakan jasa marketer untuk memberikan informasi dalam bentuk promosi terkait merchandise K-pop dengan melakukan pemasaran pada aplikasi X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran umum penjualan online, 2) Mekanisme pemasaran merchandise K-pop pada aplikasi X menggunakan jasa marketer, 3) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan kontrak upah-mengupah antara pemilik merchandise K-pop dengan jasa marketer pada jual beli merchandise K-pop di aplikasi X. Kerangka berpikir penelitian ini mengacu pada akad dalam hukum Islam yang termuat rukun, syarat, serta asas akad dalam Islam, prinsip muamalah dan akad Ijarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris, yaitu dengan mendeskripsikan praktik jasa marketer dalam memasarkan merchandise K-pop pada aplikasi X dan menganalisis berdasarkan hukum ekonomi syariah, serta implementasi ketentuan hukum dalam praktik tersebut. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dari pengguna jasa, jasa marketer, dan pembeli. Sumber data sekunder dari buku tentang Fiqh Muamalah, dokumen, jurnal ilmiah, skripsi, website. Data diperoleh melalui observasi secara tidak langsung melalui aplikasi X, wawancara, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penjualan dan pemasaran online yang dilakukan pada aplikasi X merupakan termasuk ke dalam e-commerce kategori toko online di media sosial. 2) Pihak pengguna jasa dan jasa marketer melakukan kesepakatan pada awal transaksi secara online. Marketer melakukan pemasaran dan pengguna jasa memberikan upah (ujrah) setelah jasa marketer selesai dengan pekerjaannya. Terdapat ketidakjelasan dalam beberapa transaksi yang dilakukan oleh marketer atas jasanya. 3) Jasa marketer merchandise K-pop di aplikasi X tidak semuanya memenuhi ketentuan akad ijarah karena dalam beberapa kasus masih terdapat ketidakjelasan (gharar) dalam perjanjian dan pelaksanan akad. Gharar yang dimaksud yaitu ketidakjelasan informasi yang disampaikan oleh marketer dalam pemasarannya kepada pembeli, sedangkan informasi sudah disampaikan oleh pengguna jasa kepada marketer secara rinci. Sehingga hal tersebut berdampak pada pembeli yang merasa dirugikan karena marketer menyatakan merchandise K-pop dalam pemasaran tersebut berkualitas baik tetapi tidak sesuai dengan yang diterima oleh pembeli, harga tidak sesuai, dan waktu penyerahan yang tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh marketer. Marketer tidak sepenuhnya memenuhi akad. Hal ini tidak sesuai dengan prinsip akad dan tidak memenuhi rukun dan syarat ijarah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gharar; ijarah; jasa marketer; tinjauan HES |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam Commerce, Trade Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Asri - Purwanti |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:19 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95352 |
Actions (login required)
View Item |